Berapa Lama Batas Maksimal Menyimpan Makanan di Lemari Es

Lemari es saat ini menjadi kebutuhan bagi masyakat, mengingat salah satu fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar lebih awet. Namun banyak dari kita yang lupa dan menyimpan makanan di lemari es hingga berhari hari lamanya. Karena mereka beranggapan makanan yang mereka simpan masih aman untuk dikonsumsi karena disimpan di lemari es. Berapa lama sih makanan dapat disimpan di dalam lemari es?

Terjadi penurunan kualitas makanan

Menyimpan makanan di dalam lemari es tidak menjamin makanan terhindar dari kerusakan. Makanan yang kita simpan bisa jadi menurun kualitasnya. Apalagi jika kita menyimpan makanan dalam waktu yang lama di dalam lemari es. Daya tahan tiap tiap makanan berbeda beda, tergantung dari cara kita menyimpan makanan tersebut serta seberapa cepat bakteri berkembang biak dan merusak makanan. Seperti yang kita tahu, bakteri akan mati pada suhu tinggi, tapi tidak akan mati pada suhu dingin.

Kita akan rentan mengalami keracunan saat mengkonsumsi makanan basi walaupun sudah di simpan di dalam lemari es.

menyimpan makanan di lemari es
menyimpan makanan di lemari es, photo via UNL Food – University of Nebraska–Lincoln

Baca juga:
10 Manfaat Mengkonsumsi Pepaya Untuk Kesehatan
Kegunaan Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita
Tips Mengurangi dampak negatif penggunaan ponsel dalam jangka waktu lama

Faktor yang berpengaruh terhadap kualitas makanan di dalam lemari es

Ada  beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas dan daya tahan makanan yang disimpan di dalam lemari es. di antaranya:

Tingkat kesegaran dari makanan

Makanan yang masih segar akan lebih awet ketika disimpan di dalam lemari es, berbeda dengan makanan yang sudah terpapar lama dalam suhu ruangan.

Tingkat kebersihan dan cara penyimpanan makanan

Makanan yang lebih bersih dan tertutup rapat akan lebih awet disimpan di dalam lemari es dibanding makanan yang terpapar kotoran, bakteri dan beberapa hal lainnya.

Temperatur/ Suhu lemari es

Semakin dingin suhu lemari es akan membuat makanan semakin awet, untuk itu tidak ada salahnya kita menyimpan di dalam freezer lemari es.  Makanan yang disimpan di bagian freezer relatif lebih tahan lama karena suhu dingin dan tidak terpapar kontaminasi bakteri dari luar saat kita membuka dan menutup lemari es, karena freezer memiliki pintu penutup tersendiri.

Jenis makanan yang disimpan

Jenis makanan kering relatif lebih awet dan tahan jika dibandingkan dengan makanan basah dengan kandungan air yang tinggi. Untuk makanan mengandung santan akan tetap lebih cepat basi walaupun disimpan di  lemari es.

Perlakuan dan cara penyimpanan makanan di dalam lemari es

Tiap makanan memiliki daya tahan berbeda ketika disimpan di lemari es, namun dengan dimasak terlebih dahulu akan membuat makanan dapat bertahan lebih lama 3 hingga 4 hari. Pastikan juga cara penyimpanannya, simpanlah di kemasan tertutup sehingga tidak terpapar bakteri dari luar ketika membuka dan menutup pintu lemari es.

Demikian pembahasan Berapa Lama Batas Maksimal Menyimpan Makanan di Lemari Es, semoga bermanfaat.

* artikel ini ditulis ulang dari doktersehat.com

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail