Pilih mana? Teh Panas atau Es Teh Dingin?

Minum teh merupakan kebiasaan yang turun temurun yang diwariskan sejak jaman nenek moyang. Seiring dengan berjalannya waktu tradisi minum teh ini menjadi kebiasaan yang dilakukan masyarakat. Dan cara penyajiannyapun juga berbeda. Di jaman modern ini teh bisa disajikan dalam kondisi dingin dengan menambahkan es batu. Di samping itu, suhu udara di Indonesia yang relatif panas membuat teh dingin atau yang disebut es teh ini dapat diminum kapan saja. Yang menjadi pertanyaan adalah, lebih sehat mana minum teh panas ataukah es teh dingin?

Manfaat di balik meminum es teh

Kita dapat dengan mudah menjumpai es teh di manapun kita berada, karena hampir semua rumah makan ataupun warung warung di pinggir jalan menyediakan minuman es teh sebagai minuman pendamping. Es teh juga dapat divariasi sehingga lebih menggoda untuk kita konsumsi seperti es teh lemon, es teh soda dan lain lain.  Di balik kesegarannya, es teh mengandung gula yang tinggi untuk mendapatkan sensasi rasa manisnya yang menyegarkan.

Misal saat kita menambahkan es pada teh hijau maka kita akan mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih banyak, begitu juga saat kita minum es teh oolong dan teh hitam. Kandungan anti oksidan yang terkandung di dalam teh teh tersebut akan membantu daya tahan tubuh kita dalam mengatasi peradangan, mengurangi resiko stroke dan mencegah serangan jantung,

Es teh dengan kesegarannya dapat membantu kita mengatasi stress sekaligus juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental kita.

Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, es teh termasuk dalam minuman yang mengandung oksalat tinggi yang jika dikonsumsi dengan berlebihan, dikhawatirkan akan memicu meningkatnya risiko terkena batu ginjal. Selain itu, kebanyakan di antara kita justru mengonsumsi es teh kemasan botol yang dijual bebas di minimarket. Rasanya sangat menyegarkan, tapi sesungguhnya es teh kemasan botol ini memiliki kandungan nutrisi  yang rendah, dan mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terus menerus. Dengan sering meminum es teh dalam kemasan botol dikhawatirkan akan meningkatkan resiko terkena diabetes dan juga obesitas.

Apakah meminum teh hangat lebih menyehatkan?

Teh hangat dan es teh dingin, sepanjang tidak diberikan tambahan gula ataupun soda sama sama memiliki manfaat kesehatan yang sepadan. Hanya tinggal masalah selera kita bagaimana cara mengkonsumsinya.  Teh hangat akan lebih cocok diminum pada pagi atau sore hari, sedangkan di saat suhu udara panas, tentu akan lebih menyegarkan bila kita minum es teh dingin. Silahkan tentukan pilihan anda

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail