Perhatikan Posisi Tidur Anda Ketika Hamil Muda

Ketika anda memasuki masa kehamilan, khususnya pada trimester pertama, akan ada beberapa perubahan yang akan terjadi pada tubuh anda, di mana hal ini akan membuat aktifitas Anda menjadi tidak nyaman dan leluasa , termasuk ketika tidur. Ada beberapa tips Posisi Tidur Anda Ketika Hamil Muda yang aman dan nyaman untuk ibu ibu yang sedang hamil untuk Anda terapkan. Yuk kita simak informasinya berikut ini.

Posisi Tidur Berpengaruh Terhadap Kesehatan Janin?

Para ibu hamil akan sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, terutama di trimester pertama kehamilan. Kondisi fisik akan mulai berubah, dan hal ini menjadi penyebab sulitnya menentukan posisi tidur yang nyaman. Walau seperti apapun posisi tidurnya, tubuh tetap merasa tidak nyaman.

Beberapa Pilihan Posisi Tidur Anda Ketika Hamil Muda yang Aman dan Nyaman

Berikut ini beberapa pilihan posisi tidur untuk ibu hamil muda yang bisa Anda terapkan.

1. Miring ke Kiri

Posisi tidur miring ke kiri merupakan posisi tidur yang paling disarankan untuk ibu hamil, bahkan ketika usia  kehamilan sudah mencapai trimester tiga. Tidur dengan posisi tubuh menghadap ke kiri diklaim akan memperlancar aliran darah dan nutrisi menuju plasenta, pun janin.

Posisi tidur  ini juga disebut-sebut efektif untuk meredakan sesak napas yang kerap dialami wanita yang sedang hamil muda.

2. Telentang

Tidur telentang dengan posisi tubuh menghadap ke atas adalah posisi tidur ibu hamil muda yang bisa Anda coba untuk mendapatkan kenyamanan ketika tidur

Saat usia kehamilan lebih dari 26 minggu, saat posisi perut sudah membesar, maka tidur telentang sebaiknya tidak anda lakukan lagi. Hal ini didasari fakta bahwa posisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya tertekannya vena cava inferior dan aorta, yaitu pembuluh darah yang ada di sekujur punggung dan berfungsi untuk mengalirkan darah ke area kaki.

3. Bersandar Pada Bantal

Tidur dengan posisi punggung bersandar dan meletakkan kepala Anda di atas bantal. Posisi ini dipercaya manjur untuk meredakan rasa nyeri pada ulu hati yang diakibatkan naiknya asam lambung yang kerap dialami oleh ibu hamil.
Rasa nyeri pada ulu hati  pada ibu hamil umumnya diakibatkan oleh aktifitas hormon progesterone ketika merelaksasi otot esofagus di antara kerongkongan dan lambung. Sehingga, asam lambung akan berbalik arah menuju kerongkongandan menyebabkan gejala nyeri ulu hati ini.

4. Pergunakan Banyak Bantal

Ketika anda tidur, sebaiknya anda menempakan banyak bantal di sekeliling Anda. Gunakanlah bantal yang lembut dan empuk  agar seluruh tubuh Anda dapat tersangga dengan baik dan nyaman.

Posisi Tidur Anda Ketika Hamil Muda
Posisi Tidur Anda Ketika Hamil Muda

Hindari Posisi Tidur Berikut ini Ketika Anda Hamil Muda

1. Posisi Badan Miring ke Kanan

Jika posisi tidur anda miring ke kanan  dapat  menghambat pasokan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan plasenta sehingga menyebabkan janin kekurangan asupan kedua zat penting tersebut.

2. Posisi Kepala Lebih Tinggi

Ketika tidur dengan posisi  kepala lebih tinggi dari  tubuh akan menyebabkan nyeri leher dan punggung. Selain itu, posisi ini dapat menyebabkan plasenta tertekan sehingga membahayakan janin yang ada di dalamnya. Anda dapat meletakkan bantal di bawah tubuh anda agar dapat sejajar dengan kepala anda.

3. Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap sangat tidak disarankan bahkan hingga trimester akhir usia kehamilan. Pada saat tengkurap, rahim akan tertekan sehingga menghambat aliran oksigen menuju plasenta sehingga  membahayakan janin  perut Anda.

Demikian beberapa tips terkait Posisi Tidur Anda Ketika Hamil Muda, semoga bermanfaat

Baca juga:
8 Efek Samping KB Spiral/ IUD Yang Sebaiknya Anda Ketahui
Pilih mana? Teh Panas atau Es Teh Dingin?

 

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail