Berbagai Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya merupakan tanaman berbentuk pohon, dengan tinggi 8-10 m. Daun dan bunga pepaya
dikenal luas sebagai bahan ramuan penambah nafsu makan. Manfaat daun pepaya sangat banyak. Selain mengandung zat kimia dalam jumlah  cukup banyak, getahnya juga mengandung caouthouc, dammar Papain, korposit dan payotine, sedangkan daunnya mengandung carpaine (alkaloida pahit).

Manfaat Daun Pepaya

Penelitian pada daun papaya Yayi Wulandari Maryudhi, Fakultas Farmasi UMS melakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan berat badan dengan pemberian infuse daun pepaya.Varian kelompok infuse daun papaya yaitu 20%, 40%, 80% sebagai control positif dan aquades sebagai control negative.Hasil perhitungan kenaikan konsumsi makan dan berat badan diketahui infuse daun pepaya 80% memiliki pengaruh terhadap kenaikan tersebut.

Dari hasil penelitian Mong Nuraini, fakultas Mipa Unair menggunakan perasan daun pepaya terhadap cacing hati sapi yang diberikan secara in vitro*  Pengaruhnya tampak nyata pada
pemberian dengan konsentrasi 50%, dalam waktu 0,5 jam sudah menimbulkan efek kematian pada cacing hati dan dalam waktu 2 jam semua cacing hati mati. Terbukti tanaman ini mengandung bahan aktif (papain dan korposif) yang berkhasiat sebagai obat anti cacing.

Sukardiman dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga melakukan penelitian dengan ekstrak daun pepaya yang diberikan secara invitro*) pada mencit untuk mengamati efek antikanker. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki aktivitas antikanker terhadap sel
kanker mieloma (mium) pada mencit.

CARA PENGOLAHAN DAUN PEPAYA SECARA TRADISIONAL. 

Daun pepaya muda ditumbuk sampai lembut lalu diperasannya diberi gula . Air perasan ini dapat disimpan selama 12 jam . Ramuan daun pepaya muda ini dapat diberikan pada anak umur satu tahun . Pemberiannya biasanya dilakukan selama 5 hari. Seiring kemajuan zaman, daun pepaya sudah banyak dibuat dalam bentuk ekstrak yang sudah dikemas dalam sediaan kapsul sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi.

TIPS MENAMBAH NAFSU MAKAN:
1. Usahakan tetap makan makanan utama 3 x sehari
2. Kurangi makan cemilan
3. Buatlah variasi menu makanan yang menarik
4. Rajin berolahraga, biasa nya setelah berolahraga akan merasa lapar
5. Minum ramuan penambah nafsu makan

*in vitro : Teknik percobaan dengan mengambil jaringan tubuh dan dilakukan perlakuan diluar tubuh hewan uji.

 

*Materi diambil dari  Literatur Rempah “BOROBUDUR Herbal Madicine Industry”

** Artikel telah tayang di Majalah BKOW jateng ke-5 Bulan Desember 2012

Baca juga:
5 Cara membersihkan luka yang benar
Efek Pemakaian Alkohol Untuk Pembersih Luka Pada Jaringan Kulit

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail