April 28, 2019 Oleh admin 0

Cara Membuat Aquascape Dengan Mudah

Cara membuat aquascape merupakan salah suatu hal yang sangat ingin diketahui oleh para pecinta hewan air. Aquascape sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan aquarium pada umumnya. Akan tetapi, dengan aquascape, Anda dapat melihat ikan atau hewan air peliharaan Anda berenang kesana-kemari di antara bebatuan dan tanaman layaknya di habitat aslinya.


Baca juga:
Layanan Isi Ulang CO2 Aquascape di Tangerang
Membuat Aquascape, apa saja yang harus kita siapkan?

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum Anda mengetahui cara membuat aquascape, pastikan terlebih dahulu ukurannya, karena aquascape sendiri mempunyai jenis dan ukuran yang bermacam-macam mulai dari yang kecil sampai yang berukuran besar. Sebelum memulai membuat dan mendekorasi aquascape yang Anda inginkan, terlebih dahulu siapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape sederhana dan murah yaitu Aquarium, Pupuk, Pasir, Bebatuan, Tanaman, Filter, Diffuser Co2, dan Lampu. Sementara itu, beberapa jenis ikan yang cocok untuk aquascape, diantaranya adalah Angel Fish, Chili Rasbora, Discus, Dwarf Gourami, Ember Tetra, Guppy, Harlequin Tetra, Kardinal Tetra, Neon Tetra, dan Rainbow.

Lalu ada juga, Africa Water Fern, Amazon Sword, Anubias Nana, Cryptocoryne Becketti, Green Tiger Lotus, Java Moss, Jaa Fern, Hypgrophililia Difformis, dan Lilaeopsis merupakan tanaman yang cocok untuk aquascape.

Cara Membuat Aquascape dengan Mudah

Cara membuat aquascape yang pertama adalah siapkan komponen yang diperlukan lalu bersihkan tabung aquarium. Selanjutnya, Dekorasi dasar aquarium dan Masukkan pupuk. Dalam Mendekorasi Dasar Aquarium, Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengatur bagian dasar aquascape. Taburkan pasir halus di bagian dasar dengan ketinggian 2-3 cm. Jenis pasir yang digunakan dapat pasir silica ataupun pasir lainnya.

Baca juga  Diagnosis, Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Hipertensi

Sementara itu, dalam member pupuk pastikan Anda memasukkan pupuk dengan ketebalan 2-3 cm serta jangan sampai terkena ujung kaca supaya tidak terlihat dari luar. Pemberian pupuk ini berfungsi untuk nutrisi bagi tanaman yang akan dipakai. Pastikan menggunakan pupuk kualitas terbaik.

Setelah pupuk sudah dimasukkan sesuai kebutuhan, langkah selanjutnya adalah tutup kembali dengan tumpukan pasir supaya pupuk tidak terlihat. Pasir ini akan menjadi bagian permukaan dasar aquascape. Oleh karena itu, buatlah tampilan yang cantik agar enak dipandang. Selanjutnya, masukkan bebatuan maupun aksesoris mati. Jangan lupa untuk menempatkan dan mengatur tata letak semenarik mungkin yang sudah disesuaikan dalam perancangan sebelumnya. Kemudian, tanam satu persatu tumbuhan yang sudah disiapkan.

Langkah berikutnya adalah masukkan air secara perlahan supaya tumbuhan yang sudah dipasang dan tananan pasir tidak menjadi rusak. Ketika aquascape sudah dirasa penuh, Anda dapat membuang airnya kembali kurang lebih 70% dari jumlah yang ada, kemudian isi lagi sampai penuh. Nanti Anda akan melihat dengan sendirinya air akan menjadi jernih dalam beberapa hari kemudian, sebab mikroorganisme yang ada sudah bekerja untuk membantu dalam membersihkan air tersebut.

Langkah terakhir, susun filter, diffuser CO2, dan lampu yang akan dipakai. Filter berguna untuk sirkulasi dan juga menyaring air dari kotoran. Sedangkan CO2 dan lampu sangat berguna untuk proses fotosintesis dari tanaman.

Pastikan Anda hanya menyalakan lampu tidak lebih dari 8-9 jam perhari. Cahaya yang berlebih akan menumbuhkan koloni alga lebih banyak. Alga diyakini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan juga membuat air menjadi keruh. Jadi, begitulah cara membuat aquascape dengan mudah.