April 28, 2019 Oleh admin 0

Ciri-Ciri Masuk Angin Pada Anak anak dan Orang Dewasa

Ciri-Ciri Masuk Angin

Sudahkah Anda mengetahui ciri-ciri masuk angin yang kerap menyerang? Setiap orang bisa dipastikan pernah terserang masuk angin semasa hidupnya. Hal ini karena masuk angin dapat menyerang penderitanya setiap saat. Setidaknya, kondisi tubuh yang kurat fit, udara dingin dan kurang tidur dapat menyebabkan seseorang terserang masuk angin. Biasanya masuk angin lebih rentan terjadi pada musim pancaroba.

Meskipun masuk angin sudah dikenal luas secara turun-temurun namun penyakit ini tidak dikenal secara spesifik di dunia medis. Hal ini juga mengacu pada ciri-ciri masuk angin yang bervariasi. Bahkan bisa saja gejala yang muncul pada masing-masing pengidapnya berbeda. Gejala yang muncul biasanya berupa badan meriang, sakit kepala, kehilangan nafsu makan sampai tubuh mudah lelah.

Ciri-ciri Masuk Angin pada Anak

Beberapa orang menyebut masuk angin sebagai penyakit yang hanya ada di Indonesia karena tidak teridentifikasi dalam istilah medis. Masuk angin yang tidak ditangani dengan segera bisa memunculkan penyakit lain yaitu gejala mag. Hal tersebut diasumsikan karena gejalanya yang mirip yaitu perut kembung dan sering sendawa. Seorang anak yang terserang masuk angin memiliki ciri-ciri berikut ini.

  • Sikap yang berubah drastis

Gejala masuk angin yang menyerang pada anak-anak biasanya ditandai dengan sikap penderitanya yang berubah drastis. Anak-anak yang terkena masuk angin cenderung bersikap lebih rewel. Dalam beberapa kasus, anak mengalami nafsu makan yang berkurang. Tidak hanya itu, anak akan sering mengeluh tidak enak badan dan merasa kedinginan.

  • Gejala mirip seperti flu

Ciri-ciri masuk angin yang menyerang anak dapat dilihat dari gejalanya. Anak akan mengeluh sakit tenggorokan, hidung mampet dan pilek. Beberapa anak lainnya juga sering mengalami batuk sampai sakit kepala saat sedang masuk angin. Bila gejala tidak menurun selama dua hari, orang tua disarankan segera membawa buah hati ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan dan dianogsa.

Baca juga  Berapa Sih Kadar Gula Darah Yang Normal ?

Ciri Masuk Angin pada Orang Dewasa

Pada dasarnya orang dewasa yang terkena penyakit masuk angin memperlihatkan gejala menyerupai ciri-ciri yang ada pada anak-anak. Perbedaannya adalah orang dewasa yang terkena masuk angin akan mengalami buang angin dengan intensitas yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, penderita masuk angin yang dipijat lebih sering mengalami sendawa. Berikut adalah ciri-ciri orang dewasa terkena masuk angin.

  1. Merasakan kurang enak badan
  2. Gejala yang muncul mirip seperti sedang flu
  3. Tubuh mudah demam dan sakit kepala
  4. Tenggorokan terasa sakit dan hidung meler
  5. Tubuh tiba-tiba merasa pegal-pegal

Meski terlihat sepele namun Anda harus mewaspadai penyakit masuk angin karena bisa jadi gejala yang ditimbulkan merujuk pada penyakit lain. Bila gejala yang muncul disertai dengan demam mencapai 38 derajat celcius dalam kurun waktu lima hari berturut-turut, ini bisa jadi ciri-ciri masuk angin tersebut adalah tanda Anda terkena penyakit lain.