Cara Mengobati Batuk pada Anak

Tentunya cara mengobati batuk pada anak wajib Anda ketahui sebagai orang tua, pastinya cara ini dapat membantu Anda untuk memberikan pertolongan pertama pada anak jika mengalami batuk. Apalagi memberikan pengobatan batuk pada anak tidak bisa asal saja, mengingat sistem imun anak berbeda dengan sistem imun orang dewasa. Oleh sebab itu apabila Anda tidak memiliki obat batuk maka bisa melakukan pengobatan ini untuk meredakan batuknya sebentar.

Baca juga:
Mengatasi Batuk Saat Kehamilan
Penyebab Batuk Pada Ibu Hamil

Apalagi batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat menganggu sebab dapat membuat bagian dada sakit sehingga akan membuat kurang nyaman, apalagi batuk bisa menyerang siapa saja mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sekalipun. Berikut beberapa cara mengobati batuk untuk anak yang bisa Anda lakukan sehingga anak tidak akan rewel lagi.

Memberikan Air Putih Hangat 

Salah satu cara mengobati batuk pada anak adalah dengan memberikan air putih hangat dalam jumlah yang banyak, tentunya pemberian air putih hangat dapat memberikan efek seperti mengkonsumsi obat mukolitik. Karena air putih hangat bisa mengecerkan dahak, jadi cara ini bisa Anda coba jika anak Anda mengalami batuk berdahak. Selain itu mengkonsumsi air putih dapat mengencerkan ingus dan lendir di tenggorokan.

Hal ini tentunya sangat baik sebab dapat mempermudah anak-anak untuk mengeluarkannya, sebab ketika batuk berdahak anak-anak akan kesulitan dalam mengeluarkan ingus dan lendir pada tenggorokan. Hal ini tentunya akan sangat menyiksa, oleh sebab itu selain mengkonsumsi obat maka janga lupa untuk memberikan air putih agar batuk berdahaknya dapat  sembuh dalam waktu yang cepat sehingga anak kembali ceria.

Lebih Sering Susui Bayi yang Sedang Batuk 

Apabila anak Anda yang bayi dengan usia kurang lebih 6 bulan mengalami batuk, maka cara mengobati batuk pada anak yang disarankan adalah lebih sering untuk menyusui bayi. Apalagi jika bayi batuk maka tidak sembarangan obat bisa diberikan, jadi dengan memberikan ASI eksklusif maka dapat membantu untuk meredakan batuknya dengan mudah selain dengan memberikan obat. Apalagi sistem tubuh bayi berbeda dengan orang dewasa jadi tidak bisa sembrangan mengkonsumsi obat.

Memberikan Madu untuk Anak Diatas 1 Tahun 

Tentunya salah satu manfaat madu adalah meredakan batuk sehingga bisa diberikan kepada anak, namun sangat dilarang untuk memberikan madu pada anak dengan umur di bawah satu tahun. Berikan madu dengan dosis sesuai usia anak seperti setengah sendok teh untuk umum 2 hingga 5 tahun, 1 sendok teh untuk umur 6 hingga 11 tahun dan 2 sendok teh untuk umur di atas 11 tahun.

Jadi dengan memberikan sesuai dosis maka madu dapat membantu menyembuhkan batuk, namun dengan catatan merupakan madu asli. Oleh sebab itu mudahnya cara mengobati batuk pada anak maka wajib untuk Anda ketahui sebagai orang tua nanti.

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail