April 29, 2019 Oleh admin 0

Perawatan Luka Dekubitus

Perawatan luka dekubitus tentunya wajib Anda ketahui, sehingga bisa merawat orang terdekat yang memiliki permasalahan ini. Tentunya luka dekubitus masih jarang didengar oleh banyak orang, namun biasanya luka ini disebut sebagai luka tekan. Tentunya terdapat penyebab mengapa luka ini muncul, dimana orang yang sering mengalami luka ini merupakan pasien yang mengalami hambatan dalam melakukan pergerakan.

 

Luka ini muncul dikarenakan terdapat tekanan terus menerus pada bagian kulit dan jaringan lunak dalam melawan permukaan keras pada jangka waktu yang lama. Tentunya penekanan yang terjadi dapat membuat aliran darah pada area tersebut mengalami penurunan sehingga menimbulkan kerusakan atau luka.  Agar luka yang ada tidak menjadi melebar maka terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk perawatan luka ini.

Dilarang Menggosok Kulit Terlalu Keras 

Salah satu bentuk perawatan dekubitus adalah Anda dilarang keras untuk menggosok kulit terutama bagian yang mengalami luka dengan terlalu keras, terutama pada saat mandi. Sebab dengan menggosoknya terlalu keras maka dapat membuat luka menjadi bertambah parah, oleh sebab itu ketika memandikan pasien maka jangan sampai menggosoknya terlalu berlebihan sekali.

Walaupunnya ingin membersihkannya namun jangan sampai menggosok terlalu keras, sebab apabila luka melebar dan infeksi maka akan sangat berbahaya. Karena infeksi dapat menganggu kesehatan penderita juga, apalagi jika luka tersebut akan menjadi membusuk sehingga akan semakin berbahaya. Oleh sebab itu menjaga luka agar tidak infeksi wajib dilakukan sehingga luka tidak akan menjadi melebar dan semakin parah. 

Menggunakan Krim Pelembab 

Untuk perawatan luka dekubitus dan ingin membuat luka menjadi cepat sembuh maka tidak hanya menggunakan salep antibiotik maka Anda juga harus menggunakan krim pelembab juga, sebab dengan adanya krim pelembab maka akan membuat kulit pasien menjadi lembab sehingga tidak akan menimbulkan luka baru.

Baca juga  Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Serta kulit pasien juga akan terjaga kelembabannya dan tidak akan menjadi kering, apalagi saat ini sudah banyak sekali krim pelembab yang banyak dijual di pasaran yang bisa dipilih. 

Menjaga Permukaan Kulit Tetap Bersih 

Agar luka tidak akan menjadi infeksi maka kebersihan kulit harus sangat terjaga, dimana jangan sampai kulit akan menjadi kotor sehingga membuat bagian luka terkena kotoran juga sehingga akan membuat membuat infeksi bagian luka tersebut. Tentunya jangan lupa untuk membersihkan kulit dan luka secara berkala dan jangan lupa untuk mengganti perbadan secara teratur.

Sebab jika menggunakan satu perban, semakin lama bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri sehingga harus diganti dengan perban baru, serta jangan lupa sebelum memasang perban baru maka bersihkan luka agar kotoran yang menempel dapat hilang. Oleh sebab itu wajib bagi Anda untuk mengetahui perawatan luka dekubitus ini untuk mempermudah perawatan nantinya.

 

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail