Juni 13, 2019 Oleh admin 0

Anak Sering Sakit karena Hendak Bertambah Pintar, Mitos atau Fakta?

Kita seringkali menjumpai kepercayaan yang beredar di masyarakat luas yang menyatakan bahwa jika anak sering sakit karena hendak bertambah pintar. Apakah itu sekedar mitos ataukah itu fakta? Mari kita kaji bersama sama.

Sejatinya, anak akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara fisik maupun psikis dari waktu ke waktu. Terlebih pada masa masa usia bawah tiga tahun yang merupakan tahapan pertumbuhan paling pesat dalam perkembangan anak. Jadi bukan hal yang mengejutkan ketika di hari ini anak bisa melompat sejauh beberapa  sentimeter dan sebulan kemudian kemampuan melompat anak bertambah jauh dengan kedua kakinya. Jadi sakit atau tidak sakit anak akan terus tumbuh dan berkembang, justru ketika anak sakit, pertumbuhan anak malah terganggu. Energi yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan diri akan terpakai untuk mengatasi rasa sakitnya.

Baca juga: Apakah Senam Dapat Membuat Anak Menjadi Pendek?

Kemudian yang sering menjadi pertanyaan adalah kenapa anak saat berusia di bawah tiga tahun mudah sakit? Anak berusia di bawah tiga tahun mudah sakit karena pada saat itu si anak sudah mulai aktif dan suka bermain di luar rumah. Sementara kita sebagai orang tua juga tidak dapat mengawasi secara penuh bagaimana ketika dia bermain, bagaimana kebersihan tiap tiap benda yang dipegang atau jadi mainannya.

Begitu pula dengan jajanan yang Ia makan, kita tidak dapat memastikan kualitas dan kebersihan dari jajanan yang Ia makan, ditambah lagi dengan meningkatnya aktifitas fisiknya seiring dengan kemampuan dan keinginan untuk bereksplorasi semakin kuat. Sementara, daya tahan tubuhnya belum siap mengantisipasi peningkatan aktifitas yang dilakukan oleh anak, hal itu yang kemudian membuat anak menjadi sering sakit.

Baca juga  Gatal di Selangkangan dan Cara Mengobatinya

Jadi anggapan bahwa Anak Sering Sakit karena Hendak Bertambah Pintar, adalah pernyataan yang tidak berdasar dan tidak ada hubungannya. Yang paling penting adalah, ketika anak sakit, Anda harus segera membawanya ke dokter agar sakitnya segera ditangani dengan tepat.

Demikian pembahasan mengenai “Anak Sering Sakit karena Hendak Bertambah Pintar,” semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan untuk anda.

Baca juga: Benarkah Bedong Bayi Membuat Kaki Bayi Tidak Bengkok?