perokok tetap sehat
Juli 15, 2019 Oleh admin 0

Kenapa Perokok Bisa Tetap Sehat dan Cara Berhenti Merokok dengan Efektif.

Ulasan ini  bisa dibilang cukup kontroversial, yaitu kenapa sebagai perokok bisa tetap sehat tapi kondisi badannya tetap sehat. Seperti kita tahu bahwa selama ini bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti impotensi, gangguan janin dan kehamilan, penyakit jantung, hipertensi, dan sebagainya. Tapi kenapa kok ada yang merokok tapi tetap sehat?

Ada juga yang bertanya seperti ini, saya,  Paman saya, kakek saya semuanya perokok berat satu hari bisa 1-2 bungkus sehari tapi kok usianya bisa sampai 70-80 tahun. Pertanyaannya adalah, apa yang harus saya lakukan supaya tetap sehat walaupun saya merokok? Ketika orang sakit, tentu saja ada faktor-faktor resiko yang membuat mereka sakit.

Yang perlu Anda ingat adalah faktor-faktor resiko yang bisa membuat anda sakit bukan cuma rokok, tapi masih banyak yang lain. Mungkin anda tidak merokok tapi kenapa Anda jatuh sakit? Itu semua karena faktor resiko, seperti;

  • Anda tidak menjaga berat badan Anda,
  • Pola makan Anda kurang sehat
  • Pola tidur yang tidak teratur
  • Stress di pekerjaan, atau mungkin masalah di rumah istri anak dan sebagainya membuat Anda stress terlalu berat
  • Kurang rekreasi
  • Polusi udara
  • Kurang berolahraga

Jadi faktor untuk membuat Anda sakit itu banyak, bukan cuma rokok. Tapi yang umumnya selalu disalahkan adalah rokok.

Tulisan ini tidak berarti menyatakan merokok tidak berbahaya untuk kesehatan Anda, namun faktanya adalah bahwa banyak faktor yang dapat menyebabkan anda sakit, kenapa mereka yang merokok kok bisa umurnya panjang, mungkin mereka hanya melanggar salah satu atau salah dua diantara beberapa faktor tersebut.

Jumlah rokok per hari yang anda hisap ini juga mempengaruhi kesehatan anda. mungkin saat Anda stress, Anda merokok, tapi jika Anda mengalami stress kemudian dengan dalil stress kemudian Anda merokok satu hari bisa 5 sehari seperti kereta api uap yang terus berasap, tidak berhenti, nah ini juga akan mengganggu kesehatan anda terutama paru-paru dan organ-organ tubuh yang lainnya.

Baca juga  Sakit Pinggang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagaimana caranya saya berhenti merokok? Untuk bisa berhenti merokok disarankan agar tidak menghentikan kebiasaan merokok Anda sama sekali. Ketika Anda langsung berhenti merokok,  otak yang terbiasa dengan zat-zat dalam rokok (misalkan nikotin) akan menderita,  karena tidak mendapatkan asupan zat zat itu lagi.

Anda bisa mengurangi secara perlahan jumlah rokok yang Anda hisap. Diibaratkan Anda biasanya makan nasi 2 piring dalam sekali makan, lalu tiba-tiba Anda tidak makan nasi sama sekali, apa yang akan terjadi? Kurang lebih perumpamaan nya seperti itu.

Jadi yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengurangi jumlah rokoknya pelan-pelan. mungkin hari ini Anda mengurangi dari awalnya 4 bungkus per hari, kemudian dikurangi pelan-pelan jadi 3 bungkus, 2 bungkus, lalu 1 bungkus kemudian dikurangi, sehingga lama-lama Anda bisa berhenti total dari kebiasaan merokok. Itu semua membutuhkan kemauan dan komitmen yang kuat dari diri Anda sendiri untuk berhenti total dari merokok.

Anda juga dapat mengalihkan perhatian Anda ke hal yang lebih positif ketika sedang mengalami stress. daripada Anda merokok, alihkan kepada kegiatan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, contohnya olahraga, bermain sepak bola, atau Anda juga dapat bergabung dengan komunitas komunitas yang lain yang tentunya positif.

Demikian ulasan tentang Kenapa Perokok Bisa Tetap Sehat dan Bagaimana Cara Berhenti Merokok dengan Efektif. Semoga bermanfaat

Baca juga:
Membedakan menstruasi normal dengan menstruasi abnormal