Peralatan Proteksi Radiasi
Juli 31, 2019 Oleh admin 0

Standar Peralatan Proteksi Radiasi X-Ray

Peralatan Proteksi Radiasi merupakan peralatan yang digunakan oleh Petugas Proteksi Radiasi dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab pada saat melakukan instalasi maupun pemeriksaan x ray pengion. Berikut ini peralatan yang wajib disiapkan dan digunakan dalam proteksi radiasi:

Monitor Perorangan

Untuk mengetahui besarnya paparan radiasi yang diterima pekerja radiasi dalam satu periode waktu. Monitor perorangan ini didapatkan dan  dievaluasi secara rutin baik oleh P3KRBIN BATAN atau BFK- DEPKES.

Dosimeter Saku

Dosimeter saku dipergunakan sebagai alat untuk memonitor dosis radiasi dari pekerja radiasi/pekerja radiografi dan dapat memberikan informasi langsung mengenai jumlah dosis yang diterima oleh si pemakai. Kelemahannya dosimeter ini tidak dapat menyimpan informasi dosis yang telah mengenainya dalam waktu lama.

Film Badge

Film badge ini dipakai untuk mencatat besarnya dosis radiasi yang diterima oleh pekerja radiasi dalam jangka wakiu tertentu dan tidak dapat memberikan informasi langsung karena diperlukan proses dan evaluasi untuk
mengetalui dosis yang diterima oleh tubuh.  Film yang telah diproses dapat dipergunakan untuk perhitungan yang lebih teliti serta dapat  didokumentasikan.

Dosimeter Termoluminisensi (TLD)

Dosimeter ini digunakan selama jangka waktu tertentu, misal tiga bulan. Kemudian diproses untuk mengetahui jumlah dosis radiasi yang telah diterimanya, Setelah diproses TLD dapat digunakan kembali.

Surveymeter

Surveymeter merupakan alat pengukur laju paparan atau laju paparan radiasi yang keluar dari pesawat sinar-X yang berupa berkas utama, berkas hamburan, kebocoran atau radiasi yang menembus dinding ruangan. Surveymeter yang digunakan harus sudah dikalibrasi dan masih berlaku kalibrasinya dan mempunyai response energi yang sama dengan energi keluaran dari sinar-X.

Tanda Bahaya Radiasi

Tanda bahaya radiasi dipasang di tempat tempat yang dianggap perlu, misalnya di sekitar peralatan kerja, pada saat dilakukan uji paparan. Tanda bahaya radiasi berupa lampu merah saat pengoperasian alat

Baca juga  Diabetes Gestational, Memahami Resiko Peningkatan Gula Darah Saat Kehamilan

Baca juga:
Pemantauan Dosis Radiasi Pengion

Petugas Proteksi Radiasi, Fungsi dan Kewenangan