Mei 17, 2020 Oleh admin 0

Mengenal Peralatan Yang Digunakan Dalam Terapi Rehabilitasi Medis

Peralatan Terapi Rehabilitasi Medis

Dalam bidang fisioterapi, terdapat banyak sekali jenis dan macam dari alat yang digunakan. Beberapa di antaranya yaitu TENS, SWD (Short Wave Diathermy), Ultrasound Diathermy, MWD (Midle Wave Diathermy), serta berbagai jenis alat lainnya.

Alat alat yang disebut di atas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Penanganan terhadap penyakit tertentu akan sangat efektif penyembuhannya dengan menggunakan alat tertentu pula. Namun, ketika pemakaian alat tersebut tidak tepat maka pengobatan yang dilakukan juga tentunya menjadi tidak efektif serta hanya membuang waktu dan tenaga.

Pemakaian alat-alat fisioterapi tersebut tidak terlepas dari arahan dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, di mana dokter Spesialis Rehabilitasi Medik inilah yang mampu mendiagnosa penyakit pasien, serta menentukan alat apa yang tepat untuk digunakan sebagai tindakan terapi selanjutnya.

Selanjutnya, fisioterapi akan melanjutkan hasil diagnosa dokter Spesialis Rehabilitasi Medik untuk melakukan terapi kepada pasien. Dan diharapkan, setelah melakukan beberapa kali terapi, maka pasien yang sakit akan pulih.

Berikut ini merupakan beberapa alat yang umumnya digunakan dalam rehabilitasi medik

Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation

peralatan fisioterapi

foto: https://www.bostonsportsmed.com/

Alat fisioterapi ini banyak yang menyebutnya secara singkat, TENS. Alat ini memiliki berbagai macam bentuk dan fungsi yang berguna untuk menyembuhan berbagai penyakit. Manfaat penggunaan alat ini antara lain adalah untuk melakukan terapi kejut listrik pada urat syaraf, dan mempercepat penyembuhan stroke jenis lumpuh layu.

Pengobatan yang dilakukan menggunakan alat TENS ini harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter spesialis rehabilitasi medik.

 

Short Wave Diathermy

 

short wave diathermy

Short wave diathermy atau banyak yang menyebutnya dengan sebutan SWD, merupakan salah satu alat rehabilitasi medis yang sering djadikan rekomendasi oleh dokter spesialis rehabilitasi medik untuk melakukan terapi terhadap pasien. Setelah dokter melakukan diagnosa dan menentukan penanganan penyakit tersebut dengan SWD. Maka selanjutnya fisioterapis mengaplikasikannya kepada pasien.

Baca juga  Resiko Operasi Caesar Bagi Calon Ibu

Pada umumnya, Short Wave Diathermy diaplikasikan untuk Terapi gelombang elektromagnetik, pemanasan saluran rahim yang tersumbat, sinusitis, dan rhinitis alergi serta berbagai aplikasi pengobatan lainnya.

Ultrasound Diathermy

Ultrasound Diathermy

Ultrasound diathermy ini memiliki manfaat dalam tatalaksana jaringan parut, tendinitis, bursitis, myositis oscificans, kencang dan nyeri otot. Selain itu Ultrasound diathermy juga dapat dipakai untuk memfasilitasi penyembuhan jaringan luka, bedah tendon, dan patah tulang.

Penggunaan Ultrasound diathermy ini dilakukan oleh fisioterapis dengan rekomendasi dari dokter spesialis rehabilitasi medik.

Sumber: https://rehabilitasimedik.wordpress.com/

 

Baca juga:

Klinik Fisioterapi di Palembang, Rehabilitasi Medis, Terapi Wicara dan Terapi Autis

Klinik Fisioterapi di Bandar Lampung, Terapi Wicara dan Terapi Okupasi