kebiasaan yang dapat merusak gigi
Juli 31, 2020 Oleh admin 0

Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi

Gigi identik dengan penampilan, jadi sudah seharusnya kita menjaga kesehatan gigi kita. Tak hanya itu, jika gigi kita sehat, maka aktifitas kesehaarian kita juga tidak akan terganggu. Namun karena banyak dari kita yang kurang memahami pentingnya kesehatan gigi, sehingga abai dalam merawat gigi, sehingga gigi menjadi rusak.

Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi

Berikut ini merupakan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak gigi, seperti dilansir dari webmd.com;

Mengunyah Es

Mungkin Anda berpikir, mengunyah es itu tidak berbahaya dan terbebas dari gula. Tapi dengan mengunyah bongkahan es yang keras dan beku tersebut dapat mengakibatkan gigi Anda retak atau bahkan patah. Hal ini dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit pada gigi.

Makanan panas dan makanan dingin dapat memicu rasa sakit yang cepat dan tajam atau sakit gigi yang menetap. Daripada mengunyah es, Anda dapat mengunyah permen karet tanpa gula sebagai gantinya.

Kebiasaan “Ngedot” Sebagai Pengantar Tidur

Tidak pernah terlalu dini untuk melindungi gigi. Memberi bayi botol jus, atau susu formula sebelum tidur, bisa membuat gigi yang baru tumbuh menjadi lapuk. Bayi mungkin terbiasa tertidur dengan botol di mulutnya, sehingga mengakibatkan gigi bayi terpapar gula semalaman. Yang terbaik adalah menjauhkan botol dot dari boks bayi.

Obat pereda batuk bentuk sirup

Hanya karena obat batuk dijual di toko obat bukan berarti obat itu sehat. Sebagian besar obat batuk berbentuk sirup itu mengandung gula. Jadi setelah meminum obat batuk, pastikan untuk menyikat gigi dengan baik. Kandungan gula pada sirup obat batuk dapat bereaksi dengan plak lengket yang melapisi gigi Anda. Kemudian bakteri dalam plak mengubah gula menjadi asam yang merusak enamel gigi.

Baca juga  Kerusakan Fungsi Hati, Cara Mengenali dan Mewaspadai Gejala Awalnya

Mengunyah Permen Karet

Semua makanan manis dapat mengakibatkan pembusukan gigi. Kandungan gula yang manis menempel di gigi, menjaga gula dan asam yang dihasilkan tetap menempel pada lapisan email gigi Anda selama berjam-jam. Jika Anda tidak bisa lepas dari kebiasaan mengunyah permen karet, Anda dapat menyediakan camilan terpisah. Lebih banyak air liur dihasilkan selama makan cemilan, dapat membantu membilas sisa permen dan asam.

Soda

Permen bukan satu-satunya biang kerok dalam hal menumpuknya gula pada lapisan email gigi. Soda dapat memiliki hingga 11 sendok teh gula per sajian. Soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat, yang menggerogoti email gigi. Diet minuman ringan dapat membuat Anda mengurangi kadar gula, tetapi soda mungkin memiliki lebih banyak asam dalam bentuk pemanis buatan.

Membuka Barang Dengan Gigi Anda

Membuka tutup botol atau kemasan plastik dengan gigi Anda mungkin nyaman, tetapi ini adalah kebiasaan yang buruk yang dapat merusak gigi Anda. Menggunakan gigi sebagai alat dapat menyebabkan gigi retak atau gompal. Sebagai gantinya, Anda dapat menyimpan gunting dan pembuka botol dengan mudah. Intinya, gigi Anda hanya boleh digunakan untuk makan, dan tidak untuk keperluan yang lain.

Minuman Olahraga/ Isotonik

Tidak ada keraguan minuman olahraga dingin menyegarkan setelah berolahraga. Tetapi minuman ini biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi. Seperti soda atau permen, minuman olahraga dengan kandungan gula dapat menciptakan serangan asam pada enamel gigi Anda. Sering meminumnya dapat menyebabkan pembusukan pada gigi. Cara yang lebih baik untuk tetap terhidrasi di gym adalah dengan menenggak air yang bebas gula dan bebas kalori.

Jus buah

Jus buah sarat akan kandungan vitamin dan antioksidan, tetapi sayangnya kebanyakan jus juga memiliki kandungan gula. Beberapa jus dapat memiliki gula sebanyak per porsi sebagai soda. Misalnya, hanya ada 10 gram lebih banyak gula dalam soda jeruk daripada jus jeruk. Anda dapat jus dengan mengurangi takaran gulanya. Anda juga bisa mengurangi kadar gula dengan mengencerkan jus dengan air.

Baca juga  Tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Mengunyah Pensil

Apakah Anda pernah mengunyah pensil ketika berkonsentrasi pada pekerjaan atau belajar? Seperti mengunyah es, kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi patah atau retak. Permen karet tanpa gula adalah pilihan yang lebih baik ketika Anda merasa perlu mengunyah. Ini akan memicu aliran air liur, yang dapat membuat gigi lebih kuat dan melindungi gigi terhadap asam yang dapat merusak lapisan enamel.

Minum kopi

Warna gelap dan keasaman kopi dapat menyebabkan gigi menguning seiring waktu. Untungnya, ini adalah salah satu noda yang paling mudah dirawat dengan berbagai metode pemutihan. Bicaralah dengan dokter gigi Anda jika Anda khawatir tentang perubahan warna gigi Anda.

Merokok

Rokok, serta produk tembakau lainnya, dapat menodai gigi dan menyebabkan gigi rontok akibat penyakit gusi. Tembakau juga dapat menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah. Jika Anda mencari satu alasan lagi untuk berhenti, pikirkan senyuman Anda.

Demikian artikel yang terkait dengan tema Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi, semoga bermanfaat