Tips agar Anak mau Makan Buah dan Sayuran
Agustus 12, 2020 Oleh admin 0

Tips agar Anak mau Makan Buah dan Sayuran

Agar tubuh tetap sehat, tubuh membutuhkan nutrisi, serat, vitamin dan mineral. Untuk memenuhinya, Anda dianjurkan untuk banyak makan buah dan sayuran. Karena dalam buah dan sayuran terkandung banyak nutrisi, serat, vitamin, dan mineral yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Terkait pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk anak; Anda juga dapat memperolehnya dalam buah dan sayuran. Nutrisi ini sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan anak Anda. Namun tidak dapat dipungkiri, Anda mungkin menjumpai fakta bahwa banyak anak yang tidak menyukai untuk memakan buah ataupun sayuran; terutama jika buah dan sayuran yang dilihatnya nampak asing dan tidak dikenal dengan baik.

Tips dan Peran Orang Tua Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayuran

Untuk mengatasi hal tersebut, maka anak perlu dibimbing, dibantu, dinasehati dan diarahkan untuk mau makan buah dan sayuran; karena dengan hanya menyuruh saja seringkali tidak efektif, mungkin didepan orangtua menurut namun dibelakang berbeda. Berikut ini adalah tips dan peran orang tua agar anak mau makan buah dan sayuran; sbb :

Sajikan buah dengan potongan yang menarik;

Dengan menyajikan buah dalam bentuk potongan yang unik dan menarik perhatian anak untuk mengonsumsinya. Dari sini persepsi anak akan mulai berubah bahwa rupanya buah-buahan nggak “semengerikan” yang dia bayangkan selama ini.

Baca juga  Bahaya Minuman Keras Oplosan pada Mata Manusia

Mengenalkan buah yang manis terlebih dahulu pada anak

Anak-anak lebih menyukai rasa yang manis, untuk itu jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, atau kurang menarik pada anak. Buah-buahan dengan rasa manis umumnya lebih disukai anak.

Mengolah dan menyajikan buah dalam bentuk lain;

Anda dapat menyajikan buah dan sayur dalam bentuk yang olahan menu yang berbeda. Misalnya, Anda dapat menyajikan buah-buahan dalam bentuk sup buah, membuat sayuran menjadi puding dan sebagainya

Jangan memberi terlalu banyak;

Anda juga perlu mengatur jenis variasi dari jenis buah dan sayur yang diberikan kepada anak. Berikan rentang antara 7-10 hari untuk mengenalkan satu buah pada anak-anak, karena setiap anak memiliki kemampuan berbeda untuk mengidentifikasi rasa.

Ajak anak berpartisipasi dalam menyiapkan buah dan sayuran;

Ajak anak Anda ketika menyiapkan buah dan sayuran agar anak lebih tertarik untuk mencoba makan buah dan sayuran.

Sisipkan pada bekal makan anak;

Konsisten dalam memberikan menu buah dan sayuran pada anak. Tambahkan buah dan sayuran pada Bekal Makan Anak.

Memberikan contoh dengan tindakan (tauladan);

Sebaiknya orang tua makan buah dan sayuran bersama atau didepan anak agar anak termotivasi untuk ikut makan buah dan sayuran.

Sumber
RS. Krakatau Medika