cara mengatasi mimisan
Agustus 13, 2020 Oleh admin 0

Penyebab Mimisan, Cara Mengatasi dan Mencegah Mimisan

Mimisan; di antara Anda mungkin ada yang pernah mengalaminya. Lalu apa yang ada di benak Anda ketika membahas mimisan? Terbayang darah mengalir keluar dari hidung Anda, walaupun sesungguhnya faktanya tidak selalu demikian.

Yang sering terjadi, ketika orang mengalami mimisan memang keluar darah dari lubang hidung bagian depan. Namun ada pula kondisi di mana darah mengalir tidak melalui lubang hidung bagian depan, tapi lewat lubang hidung bagian belakang, kemudian turun dan keluar melalui mulut. Kondisi ini juga dapat disebut mimisan.

Penyebab mimisan

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh dr. Emanuel Quadarusman, Sp.THT-KL dari Siloam Hospitals Makassar, mimisan dapat disebabkan karena faktor-faktor lokal yang terjadi di bagian hidung, seperti:

  • luka di hidung,
  • infeksi pada hidung,
  • pembengkokan tulang hidung,
  • masuknya benda asing ke dalam hidung, juga tumor.
  • faktor sistemik; yaitu gejala yang muncul karena adanya penyakit lain seperti hipertensi, gangguan pembekuan darah, leukemia, dan lain-lain.
  • Udara yang terlalu panas, hingga menyebabkan pembuluh darah hidung melebar dan mudah pecah.
  • memiliki gen dinding pembuluh darah yang tipis.
  • infeksi saluran pernapasan
  • masuknya benda asing ke dalam hidung.

Meskipun demikian, apapun yang menjadi penyebab mimisan, gejalanya tidak selalu diawali dengan gejala khusus. Walau pada beberapa orang ada yang merasakan panas, perih di hidung, atau sakit kepala sebelum mimisan.

Namun, jika intensitas mimisan lumayan sering, atau saat mimisan darah yang keluar sangat banyak (tidak berhenti-berhenti), cepatlah berkonsultasi dengan dokter supaya diketahui pasti penyebabnya dan segera mendapatkan pengobatan.

Pertolongan pertama ketika terjadi mimisan

Ketika terjadi mimisan, Anda dapat melakukan pertolongan pertama sebagai berikut:

  1. Bersihkan lubang hidung supaya jalan nafas tetap aman
  2. Dudukkan pasien dengan posisi kepala sedikit menunduk
  3. Tekan kedua sisi hidung kurang lebih selama 10 menit
  4. Jika diperlukan, Anda dapat memberikan kompres dingin dengan es
  5. Kalau pendarahan tidak segera berhenti, segera bawa pasien ke fasilitas Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit
Baca juga  Penyakit Campak, Penyakit Menular Yang Sebaiknya Anda Tahu

Cara mencegah mimisan

Berikut ini merupakan cara sederhana untuk mencegah terjadinya mimisan;

  1. Hindari mengorek lubang hidung
  2. Hindari berpanas-panasan, gunakan topi atau payung ketika berada di luar ruangan.
  3. Jangan membuang ingus terlalu keras
  4. Jangan lakukan aktivitas fisik berlebihan

Mimisan tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga kerap dialami oleh anak-anak. Umumnya orang tua akan panik ketika mendapati anaknya mengalami mimisan. Padahal, sebenarnya tidak perlu perlakukan khusus dalam menanganinya. Pertolongan pertama yang harus dilakukan pun sama saja.

Yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan anak mengorek-ngorek hidungnya. Kebiasaan ini yang sering menyebabkan robeknya pembuluh darah bagian depan lubang hidung, hingga mengakibatkan mimisan. Pembuluh darah pada hidung anak memang lebih rentan robek dibanding orang dewasa.

Mimisan pada anak jarang diakibatkan masalah serius, seperti karena tulang hidung yang bengkok, masalah kelainan darah, atau tumor. Namun sudah sewajarnya Anda sebagai orang tua merasa cemas ketika anak Anda mengalami mimisan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis THT di rumah sakit, ketika anak Anda mengalami mimisan dalam frekuensi yang lebih sering.

Baca juga:
Manfaat buah dan sayuran untuk kesehatan