manfaat kesehatan kolang kaling
Agustus 16, 2020 Oleh admin 0

Manfaat Kolang-Kaling Untuk Kesehatan

Asal buah kolang kaling

Siapa yang belum mengenal kolang-kaling? Buah kolang kaling berasal dari biji pohon aren (Arenga Pinnata) yang memiliki nama lain pohon atap, atau pohon enau. Kolang-kaling alam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harafiah berarti “benda-benda licin kecil” berbentuk pipih dan bergetah.

Untuk mengeluarkan kolang kaling, buah aren dipanen lalu direbus untuk menghilangkan getahnya. Setelah direbus, buah dikupas dan diambil bijinya yang berupa kolang kaling. Lalu dipipihkan dengan alat dan direndam dalam air kapur sirih untuk difermentasi.

Di mana kita bisa menemukan kolang kaling?

Kita dapat menjumpai buah kolang-kaling yang sudah diolah dengan mudah, karena memang buah kolang-kaling cukup populer di Indonesia. Anda dapat menemukan buah kolang-kaling di penjual es buah, pasar tradisional serta di pasar modern, swalayan/ supermarket.

Cara penyajian kolang kaling

Kolang-kaling dapat disajikan melalui banyak cara, menjadi hidangan yang nikmat. Umumnya, biji kolang-kaling disajikan dalam minuman maupun makanan seperti es buah bahkan kolak.

Manfaat kesehatan kolang-kaling

Kolang kaling merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah kandungan kolang kaling, yang di rangkum dari berbagai sumber.

Kolang kaling mengandung nutrisi tinggi

Kolang-kaling mengandung kadar air yang sangat tinggi mencapai 93,8% setiap 100 gr. Kolang kaling mengandung protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, potasium, zinc, zat besi, antioksidan, dan anti-inflamasi.

Baca juga  Jenis perlengkapan alat terapi oksigen dan plus minusnya

Kolang kaling baik untuk kulit

Ketika di siang hari saat panas menyengat, kandungan air pada kolang kaling yang melimpah membuat badan menjadi dingin. Kulit yang kering pun dapat terbantu.

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki kolang kaling dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit akibat terbakar matahari. Kolang kaling sangat baik digunakan pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Kolang kaling mencegah dehidrasi

Seperti telah disampaikan di atas, kolang kaling memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Terlebih ketika bukan Puasa Ramadhan, kolang kaling dapat mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang.

Kolang kaling merupakan menu diet terbaik

Kolang kaling dapat Anda jadikan pilihan tepat ketika menjalani diet. Hal ini tak lain karena kolang kaling memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diet.

Kolang kaling memiliki kandungan gelatin yang membantu mempercepat rasa kenyang dan menghentikan nafsu makan.

Kolang kaling dapat memperkuat tulang

Dalam 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan kolang kaling mengandung 91 mg kalsium per 100 gr. Hal tersebut menunjukan bahwa kolang kaling memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi bila melihat perbandingannya dengan kandungan susu sapi.

Kolang kaling melancarkan pencernaan

Kandungan serat pada kolang kaling membantu melancarkan pencernaan. Serat kasar membantu buang air besar menjadi teratur serta mengurangi resiko masalah wasir.

Demikian pembahasan mengenai manfaat kesehatan kolang-kaling, semoga bermanfaat.