Mata Lelah? Lakukan Hal ini Untuk Mengatasinya

Mata Lelah? Lakukan Hal ini Untuk Mengatasinya

Ketika seseorang menghabiskan waktunya berjam-jam menatap layar monitor atau layar ponsel pintarnya, hal yang lazim selanjutnya akan dialami adalah mata lelah.

Mata lelah ini bukanlah suatu penyakit yang membahayakan. Mata lelah lebih diakibatkan karena ketegangan yang terjadi di sekitar mata sehingga mengakibatkan mata berair atau pandangan kabur. Selain itu, penderita kadang disertai dengan gejala sakit kepala, leher dan bahu tegang, penglihatan menjadi sensitif terhadap cahaya, sampai susah membuka kelopak mata.

Mata lelah diakibatkan karena mata terlalu fokus ketika mengerjakan sesuatu namun jarang disertai dengan kedipan. Selain itu penggunaan lensa kontak dan kaca mata juga dapat mengakibatkan terjadinya mata lelah. Hal lain yang menjadi pemicunya adalah pencahayaan yang terlalu terang ataupun terlalu redup.

Mata lelah pada dasarnya tidak membahayakan kesehatan mata, namun adanya mata lelah ini jelas mengurangi kenyamanan penderitanya sehingga bisa mengganggu aktifitas.

Cara Mengatasi Mata Lelah

Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata lelah;

1. Atur pencahayaan Anda

Atur pencahayaan yang menurut Anda paling nyaman bagi mata Anda. Kondisi ruangan dengan pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup sama-sama dapat menyebabkan mata Anda gampang lelah dan sakit kepala.

Untuk mengetahui apakah pencahayaan sudah pas atau belum adalah dengan melihat sesuatu di mana Anda tidak perlu sampai memicingkan mata untuk melihatnya.

Anda juga perlu mengatur tingkat kecerahan layar ponsel atau layar monitor komputer Anda. Posisikan sumber cahaya di belakang Anda ketika Anda membaca sesuatu dari jarak yang dekat.

Gunakan lampu baca yang teduh dan hindari arah cahaya yang langsung menyorot ke arah mata Anda.

2. Kedipkan Mata Anda

Berkedip umumnya merupakan refleks alami mata yang bertujuan untuk melembabkan mata. Tapi ada kalanya ketika kita sudah berada di depan komputer atau menatap layar ponsel atau menonton televisi hingga berjam-jam kita jarang berkedip. Hal ini dapat membuat mata menjadi kering dan rentan terkena iritasi dan pandangan menjadi kabur, maka untuk mengatasi hal ini adalah dengan sering berkedip.

3. Mengistirahatkan mata secara berkala

Usahakan untuk mengistirahatkan mata Anda secara berkala, apapun kegiatan yang sedang Anda kerjakan. Taruhlah setiap 20 menit sekali Anda istirahatkan mata Anda dengan pergi keluar, dan mengalihkan pandangan Anda selama 20-30 detik.

Jika Anda sedang berada di depan komputer, televisi, atau menatap layar ponsel, Anda bisa mengistirahatkan mata sembari mengambil air minum, pergi ke kamar mandi atau melakukan aktifitas lainnya.

Dengan memberikan jeda pada mata, mata punya kesempatan untuk beristirahat, dan juga sempatkan untuk berkedip sesering mungkin untuk menjaga mata Anda tetap lembab dan rileks.

4. Atur posisi duduk Anda

Hindari mengatur posisi meja Anda berhadapan langsung dengan tembok, usahakan agar Anda dapat lengsung melihat keluar jendela. Selain Anda akan mendapatkan penerangan yang cukup, Anda juga dapat sesekali mengalihkan pandangan mata Anda ke luar ruangan ketika mata Anda mulai terasa lelah

5. Cek kesehatan mata Anda

Gunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai dengan hasil pemeriksaan visus mata Anda. Menggunakan kacamata atau lensa kontak secara sembarangan tidak hanya membuat Anda merasa tidak nyaman namun juga akan menimbulkan masalah kesehatan baru. Kondisi ini makin parah apabila disertai dengan kebiasaan sering menatap layar ponsel tanpa beristirahat.

6. Gunakan obat tetes mata

Anda dapat mengatasi mata lelah Anda dengan menggunakan obat tetes mata yang banyak dijual di apotik atau toko obat. Obat tetes mata bisa mencegah sekaligus meredakan gejala mata lelah seperti mata gatal dan terasa kering.

Pilih obat tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawet serta gunakan sesuai petunjuk yang ada di dalamnya.

7. Perbaiki sirkulasi udara di dalam ruangan Anda

Sirkulasi udara yang kurang baik membuat Anda terasa tidak nyaman dan dapat membuat mata Anda menjadi lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mengatasinya dengan memperbaiki sirkulasi udara. Atur pendingin udara di ruangan Anda, dan hindari merokok di dalam ruangan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.