Apa itu Bipolar dan Cirinya?

Bipolar (Bipolar Disorder) atau yang disebut juga dengan manik depresif merupakan gangguan mental di mana kondisi pengidapnya memiliki suasana hati yang dapat berubah-ubah dalam periode waktu tertentu. misalnya tiba-tiba menjadi sangat murung dari yang sebelumnya yang terlihat bahagia, atau sebaliknya.

Ciri-ciri Bipolar

Gangguan Bipolar memiliki ciri-ciri yang secara umum terbagi menjadi dua yakni mania atau naiknya mood (senang – energik) dan depresif atau turunnya mood (sedih – lemah).

Seperti dilansir dari bola.com, berikut ini merupakan ciri-ciri pengidap bipolar;

Ciri-Ciri Bipolar Episode Mania

Bipolar episode mania terjadi ketika seseorang sangat bersemangat atau mudah tersinggung dalam cara yang ekstrem hampir sepanjang hari dalam kurun waktu satu minggu.

Berikut adalah ciri-ciri bipolar episode mania:

  1. Merasa terlalu bahagia untuk jangka waktu yang lama

Seseorang dengan bipolar episode mania akan merasakan euforia berlebihan dan merasa sangat bersemangat dalam melakukan apa pun. Pengidap bipolar episode mania akan merasa tidak ada yang bisa menghentikannya untuk mencapai hal yang diinginkan (walaupun perhatiannya juga tetap mudah teralihkan).

  1. Mengalami penurunan kebutuhan untuk tidur

Pengidap bipolar episode mania akan mengalami sulit atau enggan tidur. Namun, walaupun jam tidurnya berkurang, pengidap bipolar yang satu ini tidak merasa lelah atau mengantuk.

  1. Berbicara lebih cepat dan keras daripada biasanya

Pengidap bipolar episode mania juga akan mengalami kondisi di mana bicaranya terlalu cepat dan itu bisa berlangsung dalam jangka waktu lama. Namun ketika berbicara, para Pengidap bipolar episode mania ini jarang fokus membahas satu topik saja. Mereka akan ‘lompat’ dari satu topik ke topik lainnya sehingga membingungkan pendengar di sekitarnya.

Ciri-ciri lain bipolar episode mania:

  • Mudah gagal fokus
  • Sering merasa gelisah atau impulsif
  • Mudah terganggu
  • Melakukan banyak kegiatan sekaligus, menjadwalkan lebih banyak acara dalam sehari daripada yang bisa dilakukan
  • Perilaku berisiko yang meningkat (misal: Mengemudi sembrono, menghabiskan banyak waktu atau melakukan pengeluaran besar-besaran)
  • Memiliki kepercayaan diri yang berlebihan
  • Pikiran yang tidak terkendali atau dengan cepat mengubah ide atau topik
  • Ceroboh saat mengonsumsi obat-obatan atau alkohol
  • Tak terlalu butuh banyak tidur atau istirahat

Ciri-Ciri Bipolar Tipe Depresif

  1. Mudah lelah

Jika seseorang dengan bipolar episode mania akan terlihat bersemangat, lain halnya dengan penderita bipolar tipe depresif yang seringkali merasa tak berdaya dan lelah. Mereka lebih suka bermalas-malasan dan hilang semangat untuk melakukan sesuatu.

Penderita bipolar tipe depresif juga sering merasa down secara mental, sehingga membuat mereka tak ingin melakukan apapun termasuk hobi yang disukainya.

  1. Mengalami sakit tanpa penyebab yang jelas

Penderita bipolar tipe depresif juga bisa merasa sakit pada tubuhnya, seperti sakit kepala berat, nyeri otot, atau ketidaknyamanan di bagian tubuh lainnya.

  1. Sedih atau hilang harapan

Penderita bipolar pada episode depresif lainnya seringkali merasa sedih atau tanpa harapan yang mendalam. Pengidapnya tak hanya merasa depresi, tetapi juga kehilangan minat terhadap hal yang disukainya.

  1. Sering berpikir untuk bunuh diri

Pada kasus berat, pengidap bipolar episode depresif seringkali memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Penyebab Bipolar

Dari pendapat para ahli, penderita bipolar mengalami kondisi yang disebabkan oleh tidak seimbangnya neurotransmitter atau zat pengontrol fungsi otak. Selain itu, ada pula pendapat yang menyatakan bahwa bipolar terkait dengan faktor keturunan.

Dikutip dari halodoc, bipolar dipicu oleh beberapa faktor di bawah ini, seperti:

  • Stres tingkat tinggi,
  • pengalaman traumatik,
  • kecanduan minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang,
  • memiliki riwayat keluarga dekat (saudara kandung atau orangtua) yang mengidap gangguan bipolar.

Apakah bipolar dapat disembuhkan?

Menurut Dr. dr. Nurmiati Amir, SpKJ (K) Spesialis Kejiwaan Konsultan Neuropsikiatri RSCM; gangguan penyakit bipolar bersifat seumur hidup dan pasti akan selalu kambuh, jadi tidak bisa dikatakan sembuh total, namun dapat dikontrol.

Credit image: Illustration by Hugo Lin. © Verywell, 2018. 

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail