manfaat nanas untuk kesehatan
November 9, 2020 Oleh admin 0

Anda Penggemar Nanas? Ini Dia Manfaat dan Khasiat Nanas Untuk Kesehatan

Asal Muasal Nanas

Nanas merupakan tumbuhan tropis yang diketahui berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas memiliki ciri daun yang panjang dan memiliki ujung yang tajam. Nanas tumbuh cukup baik di Indonesia dan sangat populer di Indonesia. Di Indonesia sendiri yang terkenal sebagai daerah nanas yaitu Bogor, Riau, Palembang dan Blitar.

Nanas memiliki rasa yang manis asam segar dan sangat digemari para remaja dengan menjadikannya menu lutis/lotek yang dicampur dengan buah lain lalu dicampur dengan sambal kacang pedas.

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Di balik rasanya yang manis, buah nanas juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Berikut beberapa khasiat dan mafaat nanas untuk kesehatan kita :

1. Membantu pencernaan dan mempercepat penyembuhan

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu untuk melegakan tenggorokan dan melancarkan sistem pencernaan anda. Enzim bromelain ini dapat mencerna protein dengan baik sehingga makanan pun menjadi lebih mudah diserap tubuh. Enzim bromelain ini juga dapat membantu proses penyembuhan luka dan membantu untuk mengurangi pembengkakan tubuh. Untuk Anda yang baru menjalani operasi medis, sering seringlah mengonsumsi nanas.

2. Berfungsi sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh

Enzim bromelain dapat membantu membersihkan tubuh. Selain itu nanas juga mengandung asam aspartic yang juga berfungsi sebagai asam amino yang sangat bermanfaat dalam proses metabolisme tubuh. Asam amino juga dapat membantu membuang asam ammonia yaitu racun yang sangat berbahaya untuk sistem syaraf pusat.

Baca juga  Zat Gizi Penting Dalam ASI dan Manfaat Menyusui Bagi Para Ibu

3. Memperkuat imun dalam tubuh, memperkuat otot jantung dan memperlambat proses penuaan dini.

Esensial dan non esensial dari asam amino yang terkandung dalam nanas dapat membantu memperkuat system imun tubuh. Asam ini juga dapat membentu mengatasi kelelahan dan membantu meningkatkan stamina tubuh untuk akytivitas kita sehari-hari. Kandungan zat valine dan zat leucine dalam buah nanas sangat dibutuhkan untuk membantu memperbaiki jaringan otot tubuh kita. sedangkan kandungan proline dapat membantu untuk mempertahankan fungsi sendi dan fungsi tendon agar otot jantung kita juga terjaga kesehatannya. Selain itu, buah nanas juga mengandung zat cystine yang berfungsi sebagai zat pembentuk kulit dan rambut kita. Cystine juga dapat membantu memperlambat proses penuaan dini.

4. Membantu meningkatkan protein dalam tubuh dan mengurangi dehidrasi

Dengan mengonsumsi buah nans maka kita juga akan mendapatkan protein untuk tubuh kita. nanas juga dapat membantu kita untuk terhindar dari dehidrasi. Kandungan vitamin C dan vitamin A dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menghentikan pembentukan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit.

5. Membantu mengurangi Stres

Kandungan serotonin dalam nanas berperan sebagai pencegah kanker dan mengurangi stress yang dialami seseorang. Jika seseorang mengonsumsi buah nanas 200 gram seharinya maka tubuh kita akan mendapatkan manfaat ganda yaitu rileksasi karena turunya kadar kolesterol dalam darah sebesar 10 persen.

6. Membantu mengangkat sel kulit mati

Daun dan buah nanas dapat membantu membersihkan jaringan kulit yang mati. Dan enzim ini juga dapat membantu menyehatkan jaringan kulit yang terluka bakar.

7. Membantu menurunkan berat badan

Caranya: buatlah minuman sari nanas murni yaitu dengan mengupas nanas segar lalu cuci bersih. Parutlah buah nanas tersebut atau jus bila perlu. Peras hasil jus tersebut lalu saring. Minumlah sari nanas ini 2 kali sehari selama program diet anda.

Baca juga  Pemeriksaan Tekanan Darah Pada Pasien

8. Mengobati radang tenggorokan

Ambillah 2 buah nanas yang sudah matang lalu kupas dan cuci bersih. Potong menjadi beebrapa bagian kemudian jus. Peraslah hasil jus tersebut lalu minum 3 kali sehari sebanyak 1/3 gelas.

9. Mengobati rasa kembung

Untuk mengatasi kembung anda dapat meminum jus nanas sekitar 30 menit sebelum makan. Lakukanlah 3 kali sehari sebanyak ½ gelas.

10. Mengobati Radang kulit

Mulailah dengan menyediakan ½ buah nanas yang sudah matang kupas lalu cuci bersih. Parutlah nanas tersebut lalu gosokan pada bagian yang sakit sebelum anda pergi tidur. Cuci bersih pada pagi harinya.

11. Mengatasi ketombe

Ambillah ½ buah nanas yang sudah matang lalu kupas, cuci bersih dan parut nanas tersebut. Peras hasil parutan tersebut lalu tambahkan sedikit jeruk nipis lalu aduk rata. Lalu gosokan ramuan ini ke kulit kepala anda. Lakukanlah sebelum anda tidur dan lanjutkan dengan keramas di pagi harinya.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat nanas untuk kesehatan tubuh kita. cobalah untuk menggunakan bahan-bahan alami agar hasil yang diperoleh pun akan lebih baik.

Baca juga:
Jangan Diremehkan, Ini Dia Manfaat Jagung Bagi Kesehatan
Para “Pembunuh” Perkawinan