Berbagai Manfaat Jahe Merah, Bikin Mr.P Makin Garang Loh

Berbagai Manfaat Jahe Merah, Bikin Mr.P Makin Garang Loh

Jahe merupakan tanaman herbal yang sudah banyak dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Tanaman jahe sendiri ada beberapa jenis, dengan beragam manfaat yang dimilikinya, terutama untuk kesehatan.

  • Jahe biasa dengan warna putih kekuningan, memiliki manfaat untuk menghangatkan badan serta digunakan untuk menyedapkan masakan.
  • jahe merah (Zingiberaceae Officinale Rosco) memiliki khasiat lebih dari sekedar penghangat tubuh. Jumlah tanaman jahe merah jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah jahe putih atau jahe biasa ini. Jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas karena terdapat kandungan zingeron di dalamnya.

Pengobatan menggunakan Jahe di berbagai negara

Berikut ini beberapa metode pengobatan menggunakan jahe di berbagai negara:

A. Penggunaan jahe merah dalam pengobatan di China

Jahe merah berperan sangat penting dalam pengobatan tradisional di China, seperti untuk mengobati limpa, perut atau organ lambung dan ginjal. Pengobatan menggunakan jahe merah juga diutamakan bagi para pria yang mempunyai kemungkinan terserang impotensi.

B. Penggunaan jahe merah dalam pengobatan di Timur Tengah

Bagi masyarakat Timur Tengah, jahe merah disebut sebagai obat yang menimbulkan efek panas dan lembab. Jahe merah dapat membantu untuk menghangatkan dan memberikan efek lembut pada perut kita. Hal ini dapat membantu pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, perut kembung, dan keracunan makanan.

C. Penggunaan jahe merah dalam pengobatan Barat

Di negara-negara barat, jahe merah memiliki peran yang tidak kalah penting dibandingkan dengan pengobatan yang berasal dari pengobatan timur (China, Jepang dan India).

Ramuan pengobatan herbal dengan menggunakan campuran jahe merah dapat lebih mudah diserap atau diterima tubuh kita sehingga efek ramuan dapat dirasakan khasiatnya lebih cepat

Khasiat jahe merah dalam pengobatan berbagai penyakit:

  • Jahe merah dapat dimanfaatkan sebagai viagra alami, membantu memperlancar air susu ibu, meningkatkan produksi kelenjar getah bening, mencegah terkena kemandulan, dan memperkuat daya tahan sperma.
  • Jahe merah dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan jahe dapat merangsang pelepasan adrenalin dan memperlebar pembuluh darah sehingga peredaran darah mengalir lebih cepat dan lancar serta mengurangi beban jantung dalam memompa darah.
  • Kandungan enzim protease dan lipase pada jahe merah juga sangat membantu proses pencernaan khususnya dalam mencerna protein dan lemak.
  • Jahe merah dapat digunakan untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung. Kandungan gingerol yang ada dalam jahe bersifat antikoagulan yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah dan menurunkan kolesterol.
  • Mencegah mual, karena serotonin jahe mempu memnahan senyawa kimia yang dapat menyebabkan kontraksi perut yang menyebabkan mual.
  • Dengan rutin mengkonsumsi olahan jahe merah akan membuat perut menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu keluar angin.
  • Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan senyawa kimia dalam minyak atsiri pada jahe  merah terdiri dari senyawa seskuiterpen, zingiberen, bisabolena, sineol, sitral, zingiberal, dan felandren.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat dan khasiat jahe merah untuk pengobatan. Tanaman yang multiguna ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kita dan menghindarkan dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya

Baca juga:
(SUGESTI) Cara Menahan Kebelet Pup buang air besar di Tempat Umum
10 Cara Aman dan Efektif Mengobati Perut Kembung


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.