manfaat bunga melati
November 14, 2020 Oleh admin 0

Manfaat dan Khasiat Bunga Melati Untuk Kesehatan

Bunga melati menjadi salah satu dari berbagai jenis bunga yang umumnya ditanam di sekitar rumah. Selama ini bunga melati lebih dikenal orang sebatas sebagai tanaman hias, bahan kosmetik, dan bahan campuran pembuat parfum maupun teh. Bunga melati (Jasminum officinale)  merupakan tumbuhan semak berbunga yang dikenal luas karena kecantikannya yang menakjubkan serta aromanya yang wangi mempesona. Tak hanya itu, bunga melati ternyata juga memiliki aneka manfaat sebagai obat.

Kandungan dan manfaat obat dari bunga melati, menurut ahli farmasi sekaligus apoteker Drs. Suhardjono, M.Si menuturkan, bunga melati kayaakan kandungan minyak eteris yakni zat berbau dalam tanaman. Bunga melati juga memiliki berbagai senyawa kimia penting seperti indolelinalcoholasetatbenzilic, dan jasmon yang bila dimanfaatkan dapat menawarkan berbagai radikal bebas serta bermanfaat menjaga kebugaran badan.

Manfaat bunga melati sudah diketahui sejak zaman dahulu. Pada masa nenek moyang, teh dan minyak bunga melati dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat, sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan kekuatan. Melati juga sangat efektif untuk mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala. Menambahkan minyak bunga melati dalam campuran minyak esensial dapat mengatasi gejala paling umum dari infeksi pernafasan.

Di Cina, teh bunga melati adalah minuman paling populer. Minuman ini merupakan perpaduan antara bunga melati dicampur daun teh hijau atau teh hitam. Cara pencampurannya pun sangat sederhana, bunga melati tinggal dicampur begitu saja dengan daun teh. Bunga melati yang dipetik pada tengah malam atau dini hari langsung dicampurkan dengan daun teh untuk mentransfer aromanya. Setelah 4 jam, bunga melati diganti yang baru begitu seterusnya, sehingga menghasilkan teh beraroma melati.

Baca juga  8 Makanan Yang Dapat Menggugurkan Kandungan

Kualitas teh yang bagus bisa diketahui dari kekuatan aroma campuran itu. Khasiat teh melati sebagai antioksidan, kandungan minyak atsiri dalam bunga melati bekerja sebagai anti kuman yang bisa mencegah atau menghalangi infeksi yang merugikan kesehatan semisal infeksi saluran pencernaan. Selain itu, senyawa dalam bunga melati bisa merangsang pertumbuhan bakteri usus yang berguna untuk membantu proses pencernaan.

Beberapa riset menunjukkan, melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir setiap orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh. Karena itu melati juga merupakan salah satu tumbuhan yang berguna sebagai anti radikal bebas dalam tubuh. Sebagai aroma terapi, minyak bunga melati sangat efektif mengatasi ketegangan saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf serius. Juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi depresi dan efek negatif lain dari stress.

Minyak atsiri dalam melati menimbulkan efek menenangkan, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti obat-obatan anti ansietas, terutama yang mengalami kegelisahan. Dalam sebuah penelitian diketahui salah satu komponen minyak melati yaitu linalcohol menyebabkan seseorang merasa tenang. Linalcohol mampu menurunkan kecepatan detak jantung dan menghasilkan keadaan yang tenang.

Baca juga:
Manfaat dan khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan