penyakit turunan
November 16, 2020 Oleh admin 0

Buta Warna, Diabetes, dan Alzheimer, Penyakit Keturunan Yang Tak Bisa Ditolak

Penyakit keturunan merupakan penyakit di mana mutasi atau perubahan sifat genetik penyakit tersebut diwariskan dari salah satu atau kedua orang tua kepada anak atau keturunannya. Pada umumnya, penyakit keturunan umumnya sulit atau bahkan tidak dapat dicegah.

Orang yang terlihat sehat bukan tidak mungkin memiliki penyakit keturunan atau berisiko menurunkan kelainan genetik yang dimilikinya kepada keturunannya.

Jenis penyakit/ kelainan genetik yang diturunkan orangtua pada anak.

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit/ kelainan yang dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya;

Buta Warna

Buta warna merupakan kelainan yang diakibatkan ketidak mampuan sel kerucut mata untuk membedakan warna. Kelainan buta warna ini diturunkan secara silang, misal ibu menderita buta warna, maka akan menurunkannya pada anak laki-lakinya.

Buta warna secara medis tidak dapat disembuhkan. Jika dalam beberapa kasus seorang buta warna dapat membaca buku tes buta warna itu karena mata dipaksa secara terus menerus untuk membiasakan diri melihat dan menghafal angka atau pola dalam lembaran tes buta warna melalui proses terapi. namun sekali lagi ditekankan bahwa, buta warna tidak dapat disembuhkan.

Diabetes Tipe 1

Seperti dikutip dari alodokter, penyakit diabetes tipe 1 mengakibatkan penderitanya kekurangan hormon insulin. Penyakit diabetes tipe 1 ini umumnya bersifat keturunan, dan sering terjadi sejak masa kanak-kanak. Namun ada juga diabetes tipe 1 yang menimpa pada usia dewasa.

Seorang anak memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit keturunan ini bila kedua orang tua kandungnya menderita diabetes tipe 1.

Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit progresif yang mengganggu fungsi mental seseorang, seperti memori dan perilaku. Gejala yang umum terjadi adalah hilangnya ingatan dan kebingungan.

Baca juga  Penyebab Batuk Pada Ibu Hamil

Penyakit Alzheimer umumnya menyerang  orang tua berusia di atas 60 tahun, dan mengakibatkan penderitanya pikun parah, serta memengaruhi kemampuannya untuk melaksanakan aktifitasnya sehari-hari.

Demikian informasi mengenai Jenis penyakit atau kelainan genetik yang bisa diturunkan orangtua pada anak. Semoga informasi singkat di atas bermanfaat untuk Anda. 

Baca juga:
Emoh Sectio? Ini Tips Melahirkan Normal Untuk Anda Praktekkan
Anda Berusia 40 dan Ingin Hamil? Sebaiknya Ketahui Hal Ini