Makanan Sumber Protein dan Manfaat Protein Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Sumber Protein dan Manfaatnya.

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk jaringan otot. Manfaat protein adalah sebagai zat pengatur. Protein membantu mengatur hormon-hormon dalam proses pencernaan. Selain itu, protein juga berperan dalam menjaga keseimbangan pH asam dan basa tubuh.

Manfaat protein lainnya adalah sebagai cadangan makanan dan energi di dalam tubuh. Mengingat pentingnya fungsi protein untuk tubuh kita, maka perlu bagi kita untuk mencukupi kebutuhan protein setiap harinya.

Sumber protein dibagi menjadi dua, yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati adalah berasal dari tumbuhan dan protein hewani berasal dari hewan. Protein hewani mengandung profil asam amino yang sangat lengkap termasuk asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.

Daging dan telur adalah makanan sumber protein yang paling populer. Di samping itu, ada banyak sumber makanan lainnya yang mengandung protein tinggi.

Makanan Sumber Protein

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung sumber protein tinggi dan bisa Anda konsumsi setiap hari:

  1. Telur
  2. Tenderloin ayam (White Meat)
  3. Dada ayam (White Meat)
  4. Sirloin (Daging Sapi)
  5. Ikan Segar
  6. Udang
  7. Susu Murni
  8. Keong Mas
  9. Kacang Kedelai
  10. Tahu
  11. Yoghurt
  12. Kacang Almond
  13. Kacang Polong
  14. Brokoli
  15. Tempe
  16. Keju
  17. Bayam
  18. Gandum
  19. Ikan Teri
  20. Sushi

Daftar diatas adalah beberapa makanan yang mengandung sumber protein, dengan terpenuhinya kebutuhan protein untuk tubuh, maka akan memberikan akibat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Protein Untuk Tubuh

Berikut ini merupakan manfaat protein untuk tubuh;

Pembentukan otot

Manfaat utama protein adalah untuk pembentukan otot dan sel-sel di dalam tubuh. Jika Anda adalah seorang atlet binaraga maka Anda memerlukan asupan protein yang tinggi untuk membentuk dan menambah massa otot tubuh Anda.

Meningkatkan sistem immune

Protein dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang yang mengonsumsi protein terlalu sedikit akan jauh lebih mudah terserang penyakit. Dan perlu diketahui juga bahwa sel darah putih terbuat dari protein. Sel darah putih berperan untuk membantu mencegah serangan virus dan bakteri di dalam darah.

sumber protein yang diperoleh dari susu dan whey juga berfungsi untuk meningkatkan glutathione, yang berperan sebagai antioksidan serta memerangi bakteri dan virus.

Menyeimbangkan produksi hormon

Fungsi protein dalam hal ini adalah untuk menunjang berlangsungnya proses sekresi, dan membantu pelepasan hormon pada tubuh, termasuk hormon testeosterone dan hormon pertumbuhan.

Demikianlah artikel tentang sumber protein dan manfaatnya yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail