Gejala Kanker Payudara dan Penyebabnya, Yuk Ketahui Sejak Dini

Ketika mendengar Penyakit Kanker Payudara, tentunya pikiran pun langsung menuju payudara perempuan, akan tetapi sebenarnya laki-laki juga bisa terkena Penyakit Kanker Payudara, hanya saja kasus yang terjadi pada laki-laki sangat jarang.

Kanker Payudara sering disebut juga dengan istilah karsinoma payudara, adalah kanker atau tumor ganas yang tumbuh dan berkembang pada jaringan payudara. Gejala Penyakit Kanker Payudara adalah kanker dengan jumlah penderita nomor dua terbanyak di dunia.

Gejala Penyakit Kanker Payudara haruslah diketahui sejak dini ketika fase awal perkembangannya. Mengenali tanda dan gejala awal dari kanker ini sangatlah penting agar penanganannya bisa jauh lebih baik. Karena sel kanker tersebut akan menjadi tumor, baik tumor jinak atau tumor ganas.

Tumor ganas mengalami perkembangan yang sangat cepat dan menyebar ke jaringan yang lainnya dalam tubuh.

Gejala Kanker Payudara

Untuk itu berikut Gejala Penyakit Kanker Payudara,

Terdapat Benjolan pada Payudara

Ketika ada benjolan sekecil apapun, harus diperhatikan dengan baik. Jangan diabaikan begitu saja, karena ketika benjolan itu dibiarkan, kemungkinan benjolan itu adalah sel kanker. sel kanker akan berkembang, sehingga benjolan pun membesar. Benjolan itu sendiri perlu dikenali dengan baik, karena benjolan terdapat dua jenis yaitu benjolan yang lunak dan keras. 

Gejala Penyakit Kanker Payudara dengan benjolan yang keras dan bentuknya tidak teratur harus lebih diwaspadai jika dibandingkan dengan benjolan yang lunak dan bulat. Karena kemungkinan benjolan yang keras tersebut sudah memasuki kanker dengan stadium lanjut.

Nyeri pada bagian puting.

Gejala Penyakit Kanker Payudara yang kedua adalah adanya rasa nyeri pada bagian puting. Untuk hal ini perlu penanganan medis, karena ada dua kemungkinan apakah rasa nyeri itu disebabkan oleh kista atau sel kanker.

Terjadinya pembengkakan payudara.

Payudara yang mengbengkak karena kehamilan atau sedang menyusui berbeda dengan payudara yang terkena sel kanker. Pembengkakan payudara akibat sel kanker biasanya tidaklah sama besarnya (tidak simetris). Gejala penyakit kanker payudara yang ditandai dengan adanya pembengkakan perlu diwaspadai dan dicermati benar-benar.

Puting mengeluarkan darah atau juga cairan.

Ketika payudara terkena kanker, puting payudara akan mengeluarkan darah atau cairan atau juga nanah yang berwarna kuning kehijauan. Cairan yang keluar tidaklah banyak, tapi berdampak pada rasa neri dan gatal pada daerah sekitar puting.

Jangan ragu untuk memeriksakan kepada dokter spesialis agar gejala penyakit kanker payudara dapat dideteksi sedini mungkin. Pemeriksaan ductogram, yaitu suatu pemeriksaan kelenjar susu dengan mengamati cairan yang keluar untuk kemudian diteliti melalui mikroskop.

Puting yang tenggelam.

Puting tenggelam ini dinamakan nipple retraction. Jika genjala yang kelima ini muncul secara tiba-tiba selama beberapa minggu, kemungkinan terjadi retraksi atau pengencangan kelenjar susu yang terdesak oleh sel kanker atau sel tumor. Kasus tumbuhnya sel kanker pada daerah sekitar aerola (lingkaran cokelat di sekitar puting) memang jarang terjadi, namun hal ini menjadi penyebab puting menjorok ke dalam.

Penyebab gejala penyakit kanker payudara masih belum jelas. Ketika beberapa sel payudara mulai berkembang secara tidak normal maka sel-sel tersebut membagi lebih cepat daripada sel pada umumnya. Pada akhirnya akumulasi dari sel ini membentuk kanker atau juga tumor dan menyebar pada bagian payudara lainnya. Namun beberapa pendapat yang berkembang, gejala penyakit kanker payudara disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

Penyebab kanker payudara

Berikut penyebab kanker payudara, yaitu :

  1. Riwayat Keluarga yang terkena kanker payudara.
  2. Gejala penyakit kanker payudara menyerang wanita yang belum pernah hamil dan melahirkan.
  3. Kehamilan pertama yang terjadi setelah berumur 30 tahun.
  4. Pemakaian pil KB yang tidak sesuai.
  5. Paparan bahan kimia yang menyerupai estrogen.

Untuk itu dengan adanya tulisan ini semoga bisa menjadi media yang mampu memberikan informasi dalam pendeteksian dini pada kanker payudara. Perempuan haruslah peduli pada keadaan dirinya dan memeriksa payudara dengan teratur. Tujuannya adalah meminimalisir terjadinya gejala penyakit kanker payudara yang sangat berbahaya bagi masa depannya.

Demikianlah bahasan mengenai Gejala Penyakit Kanker Payudara. Semoga Bermanfaaat.

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail