gejala kanker prostat
November 30, 2020 Oleh admin 0

Nyeri Saat Kencing? Waspadai Gejala Kanker Prostat

Sebelumnya membahas gejala kanker prostat, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu prostat ? prostat adalah sebuah kelenjar yang terdapat pada sistem reproduksi laki-laki. Kelenjar tersebut berada di bawah kandung kemih laki-laki yang berfungsi memproduksi cairan sp3rma.

Kanker prostat terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali yang seharusnya dijalankan oleh organ tubuh. Kanker prostat merupakan gejala kanker yang paling umum dan beresiko diderita oleh laki-laki terutama yang berusia lima puluh tahun lebih.

Penelitian di Singapura menunjukkan bahwa Gejala Kanker Prostat menjadi kanker yang menempati posisi ketiga yang diderita oleh laki-laki di negara tersebut. Sebagian besar kanker prostat tidak menunjukkan gejala yang dapat dikenali karena penyebarannya sangat lambat.

Untuk beberapa kasus, gejala kanker prostat baru terdiagnosis setelah menyebar ke tulang, seperti tulang panggul, tulang belakang dan tulang iga, atau bahkan menyebar ke bagian ginjal yang menyebabkan gagal ginjal.

Kebanyakan penderita gejala kanker prostat tidak menyadari bahwa dirinya terserang kanker, karena tidak ada gejala yang terlihat. Namun, secara umum ada beberapa gejala kanker prostat yang harus dicermati.

Gejala Kanker Prostat

Berikut Gejala Kanker Prostat yang bisa dikenali :

Sulit Buang Air Kecil.

Penderita akan merasakan ingin kencing akan tetapi tidak ada yang keluar, berhenti saat kencing, atau bolak-balik menuju toilet karena keluarnya sedikit-sedikit. Mengapa demikian ? hal ini dikarenakan membesarnya kelenjar prostat yang terdapat pada saluran kemih akibat adanya tumor, sehingga mengganggu proses berkemih (kencing). Periksakan ke dokter untuk mengetahui hal tersebut gejala kanker prostat atau bukan.

Baca juga  Melihat Kesehatan Tubuh Kita Melalui Kondisi Kaki

Sulit Berereksi.

Gejala kanker prostat dengan tumbuhnya tumor menyebabkan aliran darah menuju p3nis terhalang sehingga susah ereksi, dimana aliran darah seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi.

Terasa nyeri saat berkemih.

Tumor Gejala Kanker Prostat yang tumbuh akan menekan saluran kemih, sehingga menimbulkan nyeri. Namun, nyeri tersebut juga bisa jadi merupakan infeksi prostat (prostatitis).

Sp3rma bercampur dengan darah.

Sp3rma penderita akan bercampur dengan darah, namun darah yang ditimbulkan tidak begitu jelas. Memang darah yang keluar tidaklah banyak, warnanya hanya berubah menjadi kemerahan.

Terasa nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Penderita akan merasakan nyeri pada punggung bawah, panggul dan paha atas bagian dalam. Gejala kanker prostat menyebar di wilayah-wilayah tersebut sehingga muncul rasa nyeri dan menjadi tanda adanya gangguan.

Urin yang keluar bersifat menetes.

Gejala kanker prostat yang terakhir ini cukup menarik, karena urin yang keluar perlahan-lahan atau menetes. Sehingga alirannya tidak cukup kuat seperti orang dengan keadaan yang normal.

Demikian informasi penjelasan mengenai gejala kanker prostat yang harus diwaspadai oleh semua orang terutama laki-laki. Dengan adanya informasi ini bisa memberitahukan bagaimana gejala tersebut dapat dikenali sehingga dapat segera ditangani dan dibawa ke dokter. Semoga Bermanfaat.