Mewaspadai Gagal Ginjal Yang Dapat Mengancam Jiwa Anda

Ginjal sebagai salah satu alat eksresi atau pengeluaran bekerja sebagai pembuang sampah dari sisa metabolisme tubuh. Pembuangan yang dilakukan oleh ginjal adalah air seni. Bila ginjal mengalami kerusakan, maka sampah sisa metabolisme yang seharusnya dikeluarkan akan menjadi racun jika mengendap di dalam tubuh.

Umumnya sisa metabolisme ini akan menimbulkan keluhan seperti mual dan muntah. Bahkan dapat mengakibatkan sakit kepala hebat dan hilangnya kesadaran. Cairan yang tertinggal dalam tubuh akan mengakibatkan bertumpuknya cairan di semua rongga tubuh. Hal ini akan menyebabkan sesak nafas dan sembab.

Terdapat dua macam penyakit ginjal yaitu penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal akut adalah penyakit ginjal yang muncul tiba-tiba dalam beberapa hari atau minggu. Sedangkan penyakit ginjal kronis merupakan penyakit ginjal yang timbul secara perlahan-lahan dan menahun. Penyakit ginjal akut jika diobati dengan tepat dan cepat, kemungkinan besar masih dapat disembuhkan. Sedangkan penyakit ginjal kronis tidap bisa disembuhkan total.

Penderitanya harus melakukan perawatan seumur hidup agar tetap bisa bertahan. Sebenarnya penyakit ginjal kronis merupakan kelalaian penanganan dari ginjal akut. Jika penyakit ginjal kronis tidak segera ditangani makan akan menjadi kronis. Pada umumnya penyakit ginjal dapat disebabkan oleh penyumbatan saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare, kekurangan  darah saat terluka dan oprasi, dan keracunan obat dan infeksi berat.

Gejala gagal ginjal akut dapat berupa, bengkak mata, sakit ketika kencing, nyering pinggang yang berlebihan, kencing darah, kencing dengan jumlah urin sedikit namum sering, dan demam. Sedangkan gejala gagal ginjal kronis adalah muntah dan mual, tubuh bengkak, lemas, nafsu makan berkurang, anemia, sesak nafas dan jumlah urine yang sedikit. Kemudian terdapatnya kelainan urine pada semua jenis gagal ginjal, dimana urine mengandung erosit, lekosit, protein dan bakteri.

Bila kerusakan atau bahkan kegagalan ginjal tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Gagal ginjal dapat dicegah bila penyebabnya segera di atasi dan diobati. Mengkonsumsi buah dan sayuran dapat mencegah terjadinya gagal ginjal. Serta minum air putih dengan jumlah cukup yang sangat membantu dalam mengeluarkan sisa metabolisme dalam tubuh.

Baca juga:
Sering mengalami sakit kepala? Waspadai Gejala Kanker Otak
Nyeri Saat Kencing? Waspadai Gejala Kanker Prostat

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail