Cara Mengatasi Bercak Putih Seperti Panu Pada Wajah Bayi

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang muncul tanda putih layaknya panu pada orang dewasa tapi ini muncul pada bayi yang masih berumur 3 bulan. Tanda putih ini disebabkan oleh sisa ASI yang tidak sengaja menempel pada kulit bayi yang masih sensitif.

Tanda / Bercak putih pada wajah bayi yang baru lahir merupakan hal yang sering dijumpai jadi bisa dikatakan sudah umum terjadi. Yang menyebabkan tanda itu adalah Pityriasis Alba.

Pityriasis Alba sampai hari ini belum diketahui datang dari mana. Tanda yang sering muncul normalnya tanda dengan bentuk bulat ataupun oval dan sering ada di bagian wajah si kecil, dan mempunyai warna pink serta akan terlihat kering dan semakin lama tanda itu akan berubah menjadi warna putih karena mengalami hipopigmentasi.

Bagian wajah yang sering terjangkit penyakit ini adalah area pipi, leher, lengan, dan tubuh bagian atas bayi. Bercak ini akan semakin terlihat jelas bila terkena sinar matahari.

Jadi apa yang harus dilakukan bila bayi anda seperti kejadian diatas?

Hal yang bisa Anda lakukan sebagai orang tuanya adalah memberikan pelembab kulit khusus bayi secara rutin. Penyakit ini walaupun tanpa diberikan obat akan hilang dengan sendirinya. Tapi waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh warna kulitnya kembali normal akan berbeda-beda pada setiap bayi.

Tanda putih yang disebabkan oleh tinea versicolor atau panu, biasanya akan terjadi pada anak yang lebih dewasa. Hal itu dikarenakan yang menyebabkan panu adalah infeksi jamur, dan bila sudah terinfeksi panu tentu saja pengobatannya akan sangat berbeda dengan cara diatas. Bila memang bayi anda terkena infeksi jamur atau panu, maka pengobatannya adalah cara memberikan salep anti jamur.

Faktor lain yang bisa menyebabkan tanda / bercak putih pada kulit bayi adalah vitiligo. Vitiligo adalah penyakit pada kulit yang akan menyebabkan pigmen pada kulit si anak menghilang.

Untuk lebih bisa memastikan apa yang menyebabkan tanda / bercak putih yang muncul pada kulit si buah hati, disarankan untuk langsung menemui dokter spesialis anak. Dokter akan bisa melihat secara langsung tanda / bercak putih yang dimaksudkan.

Dengan dokter melihat secara langsung serta melakukan pemeriksaan, maka akan dapat ditentukan apa yang menyebabkan tanda / bercak putih tersebut.

Untuk mengatasi tanda putih seperti panu pada bayi, Anda disarankan untuk;

  • Diminta memberikan (mengolesi) pelembab khusus bayi pada kulit bayi agar terhindar dari kulit kering.
  • Perhatikan kebersihan kulitnya
  • Langsung ganti pakaian / popok yang sudah basah
  • Jauhi sinar matahari secara langsung apa lagi disaat siang hari.

Demikian pembahasan tentang Cara Mengatasi Tanda Putih Seperti Panu Pada Wajah Bayi, semoga bermanfaat.

Baca juga:
Cara Menstimulasi Bayi Agar Dapat Tengkurap Sendiri

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail