Aneka Khasiat Manfaat Luar Biasa Dari Buah Pepaya

Buah pepaya diketahui memiliki enzim papain, yaitu enzim proteolitik yang dapat membantu proses pencernaan protein makanan sagar mudah terserap oleh tubuh.

Enzim Papain juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan penderita yang tersengat ubur-ubur, dan menghilangkan bekas luka seperti bekas luka bedah. Konsentrasi tertinggi enzim papain ada pada kulit pepaya muda. Untuk menggunakannya caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan getah putih pepaya pada bekas luka.

Pepaya merupakan buah yang menyehatkan, mengandung nutrisi dan antioksidan seperti beta-karoten/ pemberi warna oranye pada daging buah pepaya (beta karoten tidak terdapat dalam pepaya hijau), vitamin A dan C dan flavonoid, vitamin B, folat dan asam pantotenat. Buah pepaya juga mengandung sejumlah kecil dari mineral kalsium, klorin, zat besi, fosfor, silikon kalium, dan natrium.

Khasiat Pepaya

Pepaya memiliki kandungan yang memiliki khasiat sebagai obat yang luar biasa, dan telah diakui dari zaman dulu. Buah pepaya tidak menyebabkan timbulnya alergi dan diklaim sebagai salah satu buah yang paling mudah dicerna.

Pepaya memiliki manfaat kesehatan yang terlalu banyak untuk disebutkan, tetapi kita akan membahas beberapa manfaat saja

Anti-inflamasi:

Enzim papain dari buah pepaya bersifat anti inflamasi, mengurangi peradangan pada penyakit seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, asam urat dan asma.

Mencegah kanker usus besar,

Kandungan serat yang tinggi dari buah pepaya berfungsi menyerap racun penyebab kanker dalam usus besar dan dihilangkan dari tubuh saat buang air besar.

Membantu pencernaan:

Tekstur buah pepaya yang lembut, kaya kandungan air dan mudah dicerna secara alami membantu proses pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara teratur, dapat membantu mengurangi resiko sembelit, dan diare kronis.

Melindungi dari resiko emfisema:

tingginya kandungan vitamin A dalam buah pepaya bermanfaat dalam melindungi Anda dari radang paru-paru, khususnya untuk Anda perokok aktif maupun perokok pasif.

Melindungi dari penyakit Jantung:

Pepaya mengandung anti-oksidan yang membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol yang teroksidasi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Melancarkan Menstruasi :

Dengan mengkonsumsi jus pepaya muda membantu kontraksi serta otot rahim, sehingga aliran menstruasi lancar dan teratur.

Mengobati penyakit kulit:

Jus pepaya muda memiliki manfaat mengobati gangguan kulit seperti jerawat dan psoriasis. Getah pepaya yang dioleskan pada luka dapat mencegah pembentukan nanah dan pembengkakan. Pasta yang terbuat dari pepaya muda bila diterapkan pada wajah, dapat menghapus bintik-bintik pigmentasi atau coklat, dan membuat kulit halus dan lembut.

Baca juga
Manfaat Buah Alpukat Untuk Mengatasi Jerawat

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail