Manfaat Tanaman Kumis kucing Untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Tanaman Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) berasal dari keluarga Lamiaceae / Labiatae. Tanaman kumis kucing telah digunakan sebagai ramuan obat di seluruh Asia Tenggara dan Australia. Nama lain tanaman kumis kucing antara lain Remujung, Orthosiphon stamineus Benth, Orthosiphon aristatus, Orthosiphonblaetter, Indisher Nierentee, Feuilles de Barbiflore, Jawa teh, Javatee, Teh Ginjal, Yaa Nuat Maeo dan Immortali Tea.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing dipercaya selama berabad-abad untuk mengobati penyakit ginjal, batu kandung kemih, infeksi saluran kemih, masalah hati, diabetes, rematik dan asam urat. Dan, juga digunakan untuk mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Hal ini berhubungan dengan kandungan kimia tanaman yang berfungsi sebagai antiallergic, antihipertensi, sifat anti-inflamasi dan diuretik. Selain itu, digunakan sebagai obat untuk arteriosclerosis (gangguan kapiler dan peredaran darah), batu ginjal, diabetes dan nefritis.

Cara meramu Tanaman Kumis Kucing

Menurut Prof. Hembing, bagian tanaman kumis kucing yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. Cara pemanfaatannya sebagai obat diabetes adalah merebus 30-60 gr bagian tanaman kumis kucing dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas dan hasil rebusan bisa langsung diminum. (Bebas Diabetes Ala Hembing, Prof. Hembing)

Obat Hipertensi.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 60 gr daun kumis kucing segar, 30 g pegagan segar, 60 g akar alang-alang segar. Semua bahan cuci bersih dan rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring. Ramuan diminum 200 cc, 2 kali sehari. (Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit; Prof H. Hembing W)

Obat kencing batu,

Tanaman kumis kucing diramu dengan tanaman kembang bugang, pecut kuda dan alang. untuk lebih detailnya sebagai berikut: Daun kembang bugang segar 7 lembar, daun pecut kuda segar 7 lembar, daun kumis kucing segar 7 lembar dan akar alang-alang segar 30 g. Cara meramunya: cuci semua bahan yang digunakan lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas, setelah dingin saring rebusan dan diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. (1001 Resep herbal; Dr. setiawan Dalimartha)

Panas Dalam yang disertai masuk angin.

Bahan yang diperlukan tanaman kumis kucing segar (90-120 gr) atau kering (30-60 gr). bahan-bahan direbus dalam 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas, setelah dingin airnya bisa diminum. (Buku 812 Resep unutk mengobati 236 penyakit; H. Arief Hariana)

Asam urat.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan obat asam adalah: 30 gr tanaman kumis kucing kering, 30 gr ceplukan segar, 60 gr akar alang-alang (segar). cara meramunya adalah dengan merebus 800 ml air hingga tersisa 400 ml,lalu saring. ramuan bisa diminum 200ml 2 kali sehari. (Solusi Murah untuk cantik, sehat, dan energik; Malahayati, Spsi).

Baca juga:
Tanaman Kangkung: Obat Tidur Alami Yang Mujarab
Pengobatan Alami Dan Diet Rendah Purin Untuk Mengatasi Asam Urat

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail