Tanaman Kangkung: Obat Tidur Mujarab Yang Alami

Tanaman kangkung. Tanaman yang sudah populer di Indonesia dan negara asia tenggara lainnya. Kangkung telah lama dibudidayakan sebagai sumber sayuran. Tanaman kangkung dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian kurang dari 1000 m dpl.

Tanaman kangkung ternyata menyimpan manfaat yang besar untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Tanaman kangkung berkhasiat antitoksik, anti radang, peluruh kencing, penghenti pendarahan dan sedatif (penenang/obat tidur). Kandungan kimia dari tanaman kangkung adalah protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin (A, B1, C, Karoten), Hentriakontan, dan sitosterol.

Tanaman kangkung telah lama digunakan di Asia Tenggara sebagai obat herbal tradisional untuk pengobatan dan pencegahan penyakit, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit mata.

Dalam beberapa tahun terakhir para peneliti telah menemukan bahwa daun dan batang tanaman kangkung mengandung senyawa fenolik (antioksidan).

Para peneliti di India menemukan bahwa kangkung memiliki efek sitotoksisitas terhadap sel-sel kanker, yang berarti bahwa sifat-sifat tertentu dalam batang dan daun bisa menghancurkan sel-sel kanker. Studi lain menyarankan untuk memasukkan kangkung dalam diet diabetes karena terbukti dapat menghambat efek penyerapan glukosa.

Tanaman kangkung berkhasiat antimikroba dan anti-ulcerogenic (menyembuhkan tukak lambung). Tanaman kangkung juga dapat meningkatkan kadar asetilkolin dalam otak. Kurangnya kadar asetilkolin diduga mengakibatkan hilangnya memori dan penyakit Alzheimer.

Tanaman kangkung adalah obat alami yang mujarab bagi orang-orang yang susah tidur (insomnia). Caranya cukup mudah seperti masak kangkung biasa ditumis atau direbus sebagai lalapan. Setelah itu dikonsumsi seperti biasa. Dijamin setelah itu pasti ngantuk. Obat yang mujarab daripada minum obat yang pahit.

Jika Anda merasa pusing sebelah. Anda bisa membuat obatnya sendiri dari daun kangkung. Caranya adalah dengan memblender segenggam daun kangkung hingga halus, tambahkan garam sedikit dan madu. Minum ramuan satu kali sehari.

Bagi yang lagi sakit ambeien, kangkung juga bisa dijadikan obat. Caranya 3 genggam akar kangkung dicuci bersih, lalu rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin bisa disaring dan minum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas. Sakit sembelit pun bisa diobati dengan kangkung. Caranya dimasak seperti biasa dan konsumsi sayuran secara rutin.

Baca juga:
Aneka Khasiat Manfaat Luar Biasa Dari Buah Pepaya

Tinggalkan komentar

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail