hamil di usia 40
Januari 12, 2021 Oleh admin 0

Cara Pencegahan Hipo dan Afribinogenemio Pada Masa Kehamilan

Saat ini Anda mungkin sedang merencanakan kehamilan atau bahkan sedang menjalani masa kehamilan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui adanya beberapa informasi terkait dengan kehamilan. Baik informasi tentang janin, kesehatan ibu dan anak. Anda juga harus mengetahui informasi tentang adanya bahaya atau hal-hal yang mengganggu pada saat menjalani kehamilan.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang Hipo dan Afibrinogenemia pada Kehamilan. Hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang hamil agar Anda mengetahui dan dapat melakukan upaya pencegahan, tentunya agar hal tersebut tidak terjadi.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara pencegahan Hipo dan Afibrinogenemia pada Kehamilan, kita definisikan dahulu apa itu hipo dan afribinogenemio. Hipo dan afribinogenemio adalah kelainan yang terjadi selama masa kehamilan yang dapat menyebabkan pembekuan darah. Sehingga darah membeku atau tidak normal seperti biasanya.

Hal ini terjadi karena darah kekurangan zat bernama fibrinogen yaitu zat pembeku dalam darah. Mengapa hipo dan afribinogenemio dapat terjadi ? Hal ini dikarenakan ari-ari atau plasenta terlepas sebagian sebelum waktunya. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian janin di dalam rahim, terjadinya pendarahan tiba-tiba, masuknya air ketuban ke dalam pembuluh darah yang mengandung lemak cukup banyak dan juga missed abortion atau sisa kematian janin yang berkepanjangan serta terjadinya eklampasia kejang-kejang saat hamil.

Dengan melihat fakta tentang bahaya hipo dan afribinogenemio, sebagai perempuan hamil, Anda harus mewaspadai akan hal ini. Salah satu solusi yang tepat untuk menangani hipo dan afribinogenemio adalah dengan mengangkat rahim untuk meyelamatkan si janin, namun semua itu tergantung pada kondisi dan usia bayi. Karena hal ini sangat berbahaya sehingga harus segera mendapatkan penanganan dari dokter, karena bila tidak ditangani segera oleh dokter dapat menyebabkan kematian.

Cara Pencegahan Hipo dan Afribinogenemio

Berikut ini kita akan membahas mengenai beberapa cara pencegahan agar hipo dan afribinogenemio tidak terjadi pada saat hamil.

Konsumsi makanan sehat

Untuk mencegah terjadinya Hipo dan Afibrinogenemia pada Kehamilan, Anda dapat ,memperbanyak asupan makanan sehat, dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung zat besi tinggi, karena hal ini sangat bagus untuk peredaran darah dalam tubuh dan janin. Selain itu, kandungan vitamin pada buah dan sayur juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan organ janin. Anda dapat mengkonsumsi sayur dan buah yang masih segar tanpa zat pengawet atau bebas dari pestisida. Berhati-hatlah dalam memilih makanan, karena bila terdapat kandungan kimia hal ini akan merusak pertumbuhan janin.

Jangan melakukan kerja berat

Selama masa kehamilan Anda jangan lakukan aktivitas yang akan menghabiskan tenaga Anda. Hindari pula stress atau berpikir terlalu berat. Anda harus peduli akan kesehatan Anda dan janin, mulailah mengatur waktu untuk bisa membedakan pekerjaan yang berat dan ringan. Akan lebih baik bila Anda banyak menghabiskan waktu di rumah untuk terus menjaga kesehatan janin dan rutin mengontrol kesehatan janin minimal satu bulan satu kali.

Beristirahat dengan cukup

Disamping mengkonsumsi makanan bergizi dan tidak melakukan aktifitas berat, Anda juga harus memiliki waktu yang cukup untuk berisitirahat. Dengan beristirahat dengan cukup, Anda turut menjaga kesehatan janin dan rahim Anda serta terhindar dari bahaya hipo dan afribinogenemio.

Demikian pembahasan mengenai Cara Pencegahan Hipo dan Afribinogenemio Pada Masa Kehamilan, semoga bermanfaat.

Baca juga:
Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Hamil, Apa Manfaatnya?
Langkah Mencuci Tangan Dengan Benar

Baca juga  Tidak Bikin Alergi, Ini Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan Tubuh Kita