ruang perawatan nicu
Januari 13, 2021 Oleh admin 0

Mengenal Ruang Perawatan NICU (Neonatal Intensive Care Unit)

Ruang perawatan NICU (Neonatal Intensive Care Unit) merupakan ruang perawatan intensif khusus bayi. Bayi yang dirawat di ruang NICU umumnya bayi baru lahir yang mengalami gangguan di saluran pernafasan seperti bayi prematur dengan paru yang belum matang atau kita kenal dengan penyakit membrane hyaline, bayi dengan aspirasi mekonium, pasca tindakan operasi besar, dan sebagainya.

Saat pertama kali masuk ke ruang NICU memang akan tampak aneh. Bayi-bayi dalam inkubator dengan berbagai alat yang terpasang seperti alat bantu napas ( ventilator, HFO, CPAP), infusion pump, dll . Suara mesin yang berasal dari monitor dan kelengkapan alat bantu yang cukup mengganggu buat orang yang belum terbiasa.

Peralatan di Ruang NICU

Alat monitor yang biasa digunakan di NICU antara lain:

Monitor jantung:

Bentuknya seperti stiker yang diletakkan di dada yang tersambung dengan kabel. Fungsinya memantau frekuensi denyut jantung bayi serta irama jantung bayi.

Monitor respirasi:

ada beberapa bentuk yang biasa digunakan. Salah satunya seperti penjepit yang dipasang di jari tangan atau kaki atau seperti stiker yang dipasang di tangan atau kaki untuk mengetahui berapa kadar oksigen dalam darah bayi.

Alat Infus

Alat infus biasa atau dalam bentuk lain seperti umbilical cathether, PICC, dll. Bayi membutuhkan alat infus khusus karena selama dalam perawatan bayi membutuhkan asupan nutrisi melalui infuse. Semua alat-alat tersebut memang dibutuhkan supaya bayi yang dirawat dapat terpantau perkembangannya setiap saat.

Bayi yang dirawat di NICU akan ditangani oleh tim yang umumnya terdiri dari dokter anak, neonatologis (dokter anak yang telah mengikuti pelatihan khusus untuk perawatan bayi), perawat khusus yang terlatih, dan fisioterapis. Ruang NICU dibuat sebisa mungkin bebas dari kontaminasi bakteri sehingga tidak semua orang bebas keluar masuk. Umumnya hanya orang tua bayi yang diijinkan menjenguk langsung. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan baik, karena bayi-bayi sangat rentan terhadap infeksi.

Baca juga  Mengenali Gejala Penyakit Jantung Dan Upaya Menghindarinya

Orang tua tetap dapat dekat dan berperan dalam perawatan bayinya meskipun bayinya dalam perawatan intensif. Tanyalah kepada perawat apakah orang tua bisa membantu mengganti popok bayi, member minum apabila sudah diperbolehkan, bahkan perawatan metode bayi kanguru tetap bisa dilakukan di ruang NICU apabila kondisi bayi dinilai lebih stabil.

Setelah kondisi bayi dinilai membaik dan stabil, bayi akan dipindahkan dari ruang rawat NICU ke ruang level I atau level II. Pada umumnya rumah sakit membagi ruang peawatan perinatologi menjadi level I-IV sesuai dengan kondisi bayi.

Dr. Afaf Susilawati, Sp.A | klinikanakpermatahati.com
Credit image: kpfamilybirthcenter.org/

Baca juga:
Jika Saluran Kencing Anda Terganggu, Waspadai Pembesaran Prostat Jinak
Mewaspadai Gagal Ginjal Yang Dapat Mengancam Jiwa Anda