manfaat bayam untuk kesehatan
Januari 17, 2021 Oleh admin 0

Kandungan Nutrisi Bayam, Resiko dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Bagi mereka yang suka nonton film popeye mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Dengan memakan bayam, popeye berubah menjadi sangat kuat dan mampu mengalahkan musuhnya.

Dibalik film popeye ternyata bayam ini pun sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh. Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau gelap seperti bayam merupakan sayuran yang baik bagi kulit dan rambut, kesehatan tulang serta menyediakan berbagai macam vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Mengendalikan Diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama alpha-lipoic, yang terbukti mampu menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah stress oksidatif yang menyebabkan diabetes. Penelitian pada alpha-lipoic juga menunjukan penurunan neuropati periferal atau neuropati otonom pada penderita diabetes.

Mencegah Kanker

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil yang telah menunjukan keefektifannya dalam menangkal efek karsinogen. Karsinogen adalah senyawa yang memicu tumbuhnya kanker dan karsinogen ini biasa ditemukan dimakanan yang dibakar seperti sate atau ayam bakar.

Sedikit tips untuk kalian yang suka makan makanan yang dibakar; buanglah bagian hitam yang terkena api hasil dari bakaran. Memang bagian yang terbakar itu yang paling enak namun bagian itu pulalah yang paling banyak mengandung karsinogen.

Mencegah Asma

Resiko terkena asma akan menurun pada orang-orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah yang tinggi. Salah satu nutrisi itu adalah beta-karoten, dan bayam merupakan sumber yang baik dari beta-karoten bersama aprikot, brokoli, labu dan wortel.

Baca juga  Langkah-langkah Mendapatkan Posisi Yang Nyaman Ketika Pertama Menyusui

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan potassium yang tinggi pada bayam membuatnya baik untuk menurunkan tekanan darah. Asupan potassium yang rendah dan disertai aupan sodium yang tinggi mampu menyebabkan tekanan darah naik. Dengan konsumsi makanan yang tinggi potassium dan mengurangi asupan sodium maka tekanan darah pun dapat terkontrol.

Kesehatan Tulang

Asupan vitamin K yang rendah dikaitkan dengan tingginya terkena resiko tulang retak. Konsumsi cukup vitamin K penting untuk kesehatan tubuh. Vitamin K berperan sebagai pengubah protein matriks tulang, mengurangi ekskresi urin dari kalsium dan dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Melancarkan Pencernaan

Bayam tinggi akan kandunag serat dan air, keduanya mampu membantu untuk mencegah terjadinya konstipasi dan membantu menjaga pencernaan tetap sehat.

Kesehatan Kulit dan Rambut

Bayam juga tinggi akan kandungan vitamin A, dimana ini diperlukan untuk produksi sebum untuk menjaga rambut tetap lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Bayam dan sayuran hijau lainnya tinggi akan vitamin C yang mampu memproduksi dan mempertahankan kolagen.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok. Konsumsi makanan yang tinggi akan zat besi salah satu solusinya dan bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi.

Kandungan Nutrisi Bayam

Satu cup bayam mentah mengandung 27 kalori, 0.86 gram protein, 30 miligram kalsium, 0.81 gram zat besi, 24 miligram magnesium, 167 miligram potassium, 2813 IUs Vitamin A dan 58 mikrogram folat.

Kalori pada bayam paling banyak berasal dari protein.

Bayam merupakan salah satu sumber terbaik dari potassium, sekitar 839mg per cup (yang sudah dimasak). Untuk perbandingan, satu cup pisang mengandung sekitar 539mg potassium.

Kekurangan zat besi bisa berdampak pada efisiensi penggunaan energi pada tubuh. Bayam juga merupakan sumber luar biasa dari zat besi.

Baca juga  Mengenal Peralatan Yang Digunakan Dalam Terapi Rehabilitasi Medis

Bayam juga merupakan sumber terbaik dari magnesium. Magnesium dibutuhkan tubuh untuk metabolisme energi, irama jantung, mempertahankan fungsi saraf dan otot, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan menjaga tekanan darah. Magnesium juga berperan dalam ratusan lebih reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh.

Orang-orang yang memiliki gangguan pencernaan, yang suka minum alkohol, orang dewasa, dan orang yang mengonsumsi obat antibiotik cenderung kekurangan magnesium dan harus memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau.

Bayam juga mengandung serat, vitamin K, fosfor dan Tiamin.

Resiko Kesehatan

Bila Anda sedang megonsumsi obat pengencer darah sebaiknya hindari makan makanan yang mengandung vitamin K seperti bayam, Karena vitamin K berperan besar dalam pembekuan darah.

Konsumsi potasssium (kalium) berlebihan juga tidak baik. Ini bisa membuat ginjal Anda berfungsi kurang maksimal. Jika ginjal tidak dapat menghilangkan kelebihan potasssium(kalium) dari ginjal, ini bisa berakibat fatal.

Tips Seputar Bayam

Tips Membeli Bayam

Ketika Anda hendak membeli bayam, pilihlah bayam yang masih utuh atau tidak tampak bekas di petik. Selain itu, pilihlah bayam yang masih berwarna hijau atau berdaun gelap karena ini menandakan kalau sayuran ini masih segar. Hindari memilih bayam dengan daun berwarna kuning, ini menandakan bayam itu sudah layu.

Hindari juga membeli bayam dalam kemasan karena bayam dalam kemasan mudah layu dan terkadang sudah tidak terlihat segar. Bila terpaksa, pilihlah yang tanggal sebelum digunakannya masih lama.

Tips Menyimpan Bayam

Bila Anda membeli bayam untuk disimpan, gunakanlah kantong plastik namun perlu diperhatikan penggunaannya. Menggunakan kantong plastik tertutup membuat bayam lebih cepat layu, bukalah kantong plastik sebelum menyimpannya agar bisa bertahan lebih lama dalam kulkas. Dengan cara ini kalian bisa menyimpan bayam selama tiga hari di dalam kulkas.

Baca juga  Daftar tempat sewa kursi roda di Semarang.

Tips Membersihkan Bayam

Bayam yang kita beli biasanya tidak benar-benar bersih, entah itu karena masih ada pasir atau tanah atau karena ada sisa pestisida. Untuk itulah kita harus mencucinya sebelum menggunakannya.

Sebelum mencucinya, pisahkan atau potong daun dan akarnya. Kemudian masukan bayam ke wadah dan beri air hangat, bersihkanlah dengan tangan Anda bayamnya, ini bisa membuat kotoran yang masih menempel luruh.

Tiriskan bayam dan masukan ke wadah air bersih, kemudian cuci sampai benar-benar bersih, biasanya 2 atau 3 kali. Perlu diingat, jangan merendam bayam karena nutrisi yang larut bisa ikut larut dalam air.

Tips Memasak Bayam

Biasanya bayam ini dimasak dengan dibuat sayur atau sop. Sama seperti sayuran lainnya, jangan terlalu lama memasak bayam karena ini bisa merusak nutrisi yang ada pada bayam.

Penting untuk di ingat : Bayam yang telah dimasak hanya bisa bertahan selama lima jam; lebih dari itu, bayam akan mengandung racun dan itu tidak baik bagi tubuh. Jadi sebaiknya masaklah bayam sesuai kebutuhan agar bisa habis sebelum lima jam dan tidak menjadi mubazir karena harus membuang sisa yang tidak termakan.

Sekian informasi tentang manfaat bayam, kandungan nutrisi bayam, resiko kesehatan dan tips seputar bayam. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Baca juga:
Mengenal Bayam Merah dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
Makanan Sumber Protein dan Manfaat Protein Untuk Kesehatan Tubuh Kita