alat untuk sesak napas
Januari 23, 2021 Oleh admin 0

Nama Alat Untuk Sesak Nafas Dan Fungsinya

Sesak napas merupakan kondisi yang seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dan kita akan melakukan segala daya dan upaya untuk mengatasi sesak napas tersebut. Namun yang menjadi persoalan, kita seringkali tidak mengetahui, apa yang sebaiknya kita siapkan dalam mengatasi sesak napas tersebut, selain obat tentunya.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas Nama Alat Untuk Sesak Nafas Dan Fungsinya. Apa sajakah?

Tabung Oksigen

tekanan tabung oksigen
Berbagai ukuran tabung oksigen

Jika dalam keluarga kita ada anggota keluarga yang memiliki riwayat sesak napas, tidak ada salahnya kita membeli dan menyimpan tabung oksigen di rumah kita. Tidak perlu membeli tabung oksigen yang besar, berukuran 6 kubik atau 7 kubik, jika tidak terlalu parah sesak napasnya. Anda dapat membeli tabung oksigen 1 meter kubik, berikut trolinya agar mudah dibawa kemana-mana. Namun membeli tabung oksigen saja belum cukup, ada barang lain yang perlu Anda beli juga, yaitu regulator oksigen.

Regulator oksigen

nesco regulator oksigen medis
Regulator oksigen

Regulator oksigen berfungsi untuk mengatur berapa laju aliran oksigen yang dialirkan oleh tabung oksigen menuju ke pasien. Mengatur aliran oksigen tidak bisa sembarangan. Pastikan pasien sesak napas agar merasa nyaman. Jangan karena Anda ingin menghemat pemakaian oksigen, lantas Anda mengatur bukaan regulator oksigen sekecil-kecilnya.

Masih dalam satu paket pembelian regulator oksigen, Anda akan menemukan sebuah tabung bening yang nantinya Anda isi dengan steril water. Tabung itu adalah tabung humidifier yang berfungsi melembabkan oksigen yang dialirkan menuju pasien. Apakah boleh diisi air biasa? BOLEH, asal jangan air PDAM/ AETRA atau air yang mengandung kaporit, karena akan bau kaporit dan membuat pasien sesak napas merasa tidak nyaman. Minimal, gunakanlah air mineral dalam kemasan.

Baca juga  Bagaimana Posisi Tidur Yang Nyaman Pada Ibu Hamil?

Pulse Oksimeter

pulse oksimeter

Menggunakan pulse oksimeter tidak membuat sesak napas berkurang, karena memang pulse oksimeter tidak berfungsi untuk itu. Tugas pulse oksimeter adalah untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah. Dengan menggunakan pulse oksimeter kita akan mengetahui apakah seseorang memerlukan terapi oksigen atau tidak.

Dalam kondisi normal, saturasi oksigen seseorang adalah 95% – 100%, selang oksigen bisa dilepaskan dari pasien. Pada kondisi hipoxia, saturasi oksigennya adalah 90% – 94%, pasien sudah harus diberikan asupan oksigen. Pasien akan mengalami hipoxia kritis jika saturasi oksigen di dalam darahnya di bawah 85%.

Oxycan

oxycan kalengan, foto via tokopedia.com/myquadcopterx5c

Sebenarnya oxycan adalah merek dagang dari sebuah perusahaan yang memproduksi oksigen dan aneka gas lainnya. Oxycan berupa oksigen yang disimpan di dalam sebuah kaleng yang bisa digunakan dalam situasi darurat.

Karena sifatnya yang hanya digunakan saat darurat, oxycan tidak dapat menyimpan oksigen dalam jumlah banyak. Hanya dalam beberapa tarikan napas, oksigen di dalam oxycan bisa habis. Anda dapat membeli oxycan di apotik terdekat.

Konsentrator Oksigen

merawat oxygen concentrator

Konsentrator oksigen atau Oxygen Concentrator, merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan oksigen. Ditenagai oleh listrik, alat ini akan mengambil oksigen di sekitar ruangan dan memurnikannya, untuk kemudian dialirkan menuju pasien. Alat ini juga dilengkapi dengan tabung humidifier untuk melembabkan oksigen. Kelemahan alat ini hanya satu; Mati listrik.

Nebulizer

Bagi Anda penderita Ashma, mungkin tidak akan asing dengan alat ini. Ya, alat ini akan mengkabutkan obat Ashma untuk kemudian dihirup paru-paru. Uap yang dihasilkan dari obat cair yang dikabutkan oleh nebulizer ini dapat membantu mengatasi masalah pernapasan, mengurangi gejala mengi, serta mengurangi produksi lendir berlebihan di dalam paru. Untuk obatnya sendiri dapat dengan mudah Anda dapatkan di apotik terdekat,

Baca juga  Benarkah Bedong Bayi Membuat Kaki Bayi Tidak Bengkok?

CPAP (Continous Positive Airway Pressure)

Alat CPAP ini digunakan pada pasien yang memiliki gangguan tidur yang disebut Sleep Anea. Pada kondisi sleep apnea, saluran pernapasan mengalami penyumbatan atau tidak stabilnya pusat kendali pernapasan. CPAP bekerja dengan mengontrol tekanan udara agar tetap stabil sehingga bisa membuat saluran pernapasan tetap terbuka. Tekanan udara disalurkan melalui masker yang dikenakan pasien pada saat ia tidur

Penjernih Udara/ Air Purifier

Alat penjernih udara ini tidak digunakan untuk mengatasi sesak napas, namun lebih kepada pencegahan pada para penderita Ashma agar tidak terpicu sesak napasnya karena debu atau partikel yang ada di udara. Ya, Alat ini berfungsi untuk menyaring udara agar terbebas dari debu serta partikel yang berpotensi merugikan kesehatan.

Suction Pump/ Aspirator

Sesuai namanya, alat ini berfungsi untuk menyedot lendir yang terdapat dalam saluran pernapasan sehingga penderita dapat bernapas lebih lega. Anda dapat membeli suction pump di toko alat kesehatan terdekat, namun penggunaannya harus dilakukan oleh tenaga medis yang berkompeten.

Demikian pembahasan mengenai Nama Alat Untuk Sesak Nafas Dan Fungsinya, semoga bermanfaat