menaikkan tekanan darah
Februari 13, 2021 Oleh admin 0

8 Tips Meningkatkan Kembali Tekanan Darah Anda

Banyak di antara kita mungkin memiliki pertanyaan; apa yang harus dimakan untuk membantu meningkatkan tekanan darah rendah. Tekanan Darah Rendah atau yang disebut juga dengan nama Hipotensi, adalah suatu kondisi di mana tekanan darah berada di bawah level 90/60 mm Hg. Kondisi ini mempengaruhi banyak orang, terutama saat mereka bertambah tua.

Antara 10% dan 20% orang Amerika yang berusia di atas 65 tahun mengalami hipotensi sampai tingkat tertentu. Gejalanya dapat berupa pingsan, penglihatan kabur, atau pusing. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, tekanan darah rendah dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung atau stroke, menyebabkan kerusakan jangka panjang pada jantung dan otak, atau bahkan kematian.

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk efek samping pengobatan dan kondisi seperti diabetes. Apa yang Anda makan setiap harinya juga memiliki dampak penting pada kesehatan jantung dan tekanan darah Anda.

Tips Meningkatkan Kembali Tekanan Darah Anda

Berikut 8 tips yang dapat membantu meningkatkan kembali tekanan darah Anda sampai batas normal.

Untuk Membantu Meningkatkan Tekanan Darah Rendah, Anda sebaiknya:

1. Minum banyak cairan

Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi, volume darah Anda berkurang, sehingga menyebabkan tekanan darah Anda menurun. Umumnya dokter menganjurkan Anda untuk minum sekurang-kurangnya dua liter (kira-kira delapan gelas) air setiap hari. Asupan air Anda harus lebih tinggi dalam kondisi cuaca panas atau pada saat berolahraga.

Baca juga  Penanganan Ganguan Kesuburan Dengan Fertilisasi in-vitro (Bayi Tabung)

2. Makan Makanan Asin

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Sumber garam yang baik termasuk keju, sup kalengan atau tuna. Anda juga bisa menambahkan garam meja atau garam laut ke makanan Anda, tergantung pada preferensi Anda.

3. Minum Kafein

Kopi Membantu Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Minuman seperti kopi dan teh yang mengandung kafein dapat menyebabkan peningkatan detak jantung dan lonjakan tekanan darah sementara. Efek ini biasanya berjangka pendek, dan asupan kafein tidak memengaruhi tekanan darah semua orang dengan cara yang sama.

4. Tingkatkan Asupan Vitamin B12 Anda

Vitamin B12 berperan penting dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, yang menurunkan tekanan darah dan dapat mengakibatkan pendarahan yang berlebihan serta kerusakan organ dan saraf. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 seperti antara lain telur, ayam, ikan seperti salmon dan tuna, serta produk susu rendah lemak.

5. Tingkatkan Asupan Folat

Folat (juga dikenal sebagai Vitamin B9) adalah vitamin penting lain yang ditemukan dalam makanan seperti asparagus, brokoli, hati, dan kacang-kacangan seperti kacang lentil dan buncis. Kekurangan folat dapat memiliki banyak gejala yang sama dengan kekurangan vitamin B12, menyebabkan anemia yang menyebabkan penurunan tekanan darah.

6. Kurangi Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan, cenderung lebih cepat dicerna dibandingkan makanan lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Anda dapat menerapkan diet rendah karbohidrat untuk membantu mengatasi hipotensi,

7. Kurangi porsi makanan

Saat Anda makan dalam porsi besar, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi untuk mencernanya, yang dapat membuat tekanan darah Anda turun. Melewatkan waktu makan sering kali dapat menyebabkan makan berlebihan di kemudian hari. Meskipun Anda tidak mengurangi porsi keseluruhan yang Anda makan. Makan dengan porsi kecil sepanjang hari justru lebih sehat untuk pencernaan dan aliran darah Anda.

Baca juga  Penyebab Penyakit Preeklamsia Pada Ibu Hamil

8. Hindari Minuman Beralkohol

Di antara banyak efek kesehatan negatifnya, minum alkohol membuat Anda dehidrasi, yang menurunkan tekanan darah Anda dengan mengurangi volume darah Anda. Usahakan minum segelas air setelah setiap minum minuman beralkohol untuk menghindari dehidrasi.

Mempertahankan tekanan darah normal sangat penting untuk kesehatan jantung dan arteri Anda, dan penting untuk tetap berada di atas level Anda sehingga Anda dapat membuat perubahan yang sesuai sebelum masalah kesehatan terjadi. Jika Anda memiliki tekanan darah normal, Anda tetap harus memeriksakannya setidaknya sekali setiap satu atau dua tahun.