mesothelioma
Februari 16, 2021 Oleh admin 0

Mesothelioma, Penyakit Akibat Paparan Asbes di Tempat Kerja

Secara medis terbukti bahwa asbes menyebabkan berbagai jenis penyakit serius, termasuk kanker yang sangat langka pada lapisan paru-paru atau perut, yang disebut mesothelioma. Mesothelioma merupakan kanker paru-paru dan asbestosis, yang merupakan fibrosis atau jaringan parut pada selaput paru-paru. Terkait juga dengan paparan asbes yaitu perubahan pleura, yang kemungkinan menyebabkan kerusakan, tergantung pada tingkat keparahannya.

Terdapat pula hubungan yang berbeda antara paparan asbes dan kanker saluran pencernaan, seperti kanker esofagus, laring, lambung, dan usus besar.

Periode laten untuk penyakit akibat asbes ini kira-kira lima belas sampai lima puluh tahun, sejak paparan pertama. Seringkali seseorang mungkin tertular lebih dari satu bentuk penyakit.

Tanya Jawab tentang Mesothelioma

Apa itu Mesothelioma?

Mesothelioma adalah salah satu jenis kanker. National Cancer Institute menggambarkan Mesothelioma sebagai bentuk kanker langka di mana sel-sel ganas ditemukan di kantung yang melapisi dada (pleura), lapisan rongga perut (peritoneum), atau lapisan di sekitar jantung (perikardium) .

Bagaimana Anda terkena Mesothelioma?

Mesothelioma umumnya diakibatkan oleh paparan asbes di tempat kerja. Karyawan terekspose dalam jangka waktu yang lama menghadapi risiko tertinggi, tetapi kasus mesothelioma juga telah didokumentasikan setelah eksposur minimal.

Tempat kerja dengan sirap, bahan lantai, semen, kampas rem, tekstil, insulasi yang mengandung asbes dan mesin berinsulasi memiliki risiko terbesar. Partikel asbes yang rapuh dapat terhirup atau tertelan, menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Baca juga  Demam Berdarah Dengue (DBD), Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Bagaimana saya tahu jika saya menderita Mesothelioma?

Gejala mesothelioma termasuk nyeri dan bengkak, sesak napas, batuk, penurunan berat badan, anemia, dan demam. Meskipun dokter mungkin mencurigai mesothelioma dalam kasus tertentu, mereka memerlukan sampel jaringan untuk memberikan diagnosis akhir. Jika Anda menduga Anda menderita mesothelioma, Anda harus menemui dokter sesegera mungkin.

Berapa lama setelah terpapar Mesothelioma terjadi?

Mesothelioma dapat berkembang beberapa dekade setelah terpapar. Beberapa pekerja yang terpapar asbes pada pertengahan abad ke-20 baru saja didiagnosis dengan mesothelioma. Penyakit ini membutuhkan waktu lama untuk berkembang, sehingga sulit untuk mengidentifikasi sumber pajanan.

Apakah merokok meningkatkan risiko saya terkena Mesothelioma “

Tidak.

Apakah keluarga saya berisiko terkena Mesothelioma juga?

Ada bukti kuat bahwa anggota keluarga pekerja asbes memiliki peningkatan risiko mesothelioma sebagai akibat dari paparan debu asbes yang terbawa pulang pada pakaian pekerja.

Bagaimana pengobatan Mesothelioma?

Pilihan pengobatan mesothelioma tergantung pada lokasi kanker, stadium penyakit, dan usia pasien serta kesehatan umum. Pilihan pengobatan standar termasuk pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi. Uji klinis sedang dilakukan untuk mengembangkan metode pengobatan baru dan lebih baik.