kenali warna air kencing
Maret 27, 2021 Oleh admin 0

Kenali Warna Air Kencing Anda Untuk Mencegah Dehidrasi

Saat Anda buang air kecil, pernahkah Anda mengamati warna air kencing Anda? ataukah Anda cuek saja apapun warna air urine tersebut?

Mulai dari sekarang, sebaiknya Anda tidak lagi mengabaikan hal tersebut, segera kenali dan pahami warna air kencing (urine) Anda sebelum hal buruk menimpa Anda di kemudian hari. Memang warna air urine tersebut umumnya dipengaruhi kondisi cairan dalam tubuh (dehidrasi). Selain itu, faktor makanan yang dikonsumsi pun ikut mempengaruhi air urine yang keluar saat buang air kecil.

Nah untuk lebih jelasnya berikut disampaikan beberapa arti warna air urine tersebut beserta penanganannya semoga bermanfaat.

Kenali Warna Air Kencing Anda

level warna urine

Bening

Berdasarkan tabel warna urine di atas, jika kondisi urine Anda berwarna bening, artinya cairan dalam tubuh Anda air dalam keadaan normal, mencukupi, dan tidak mengalami dehidrasi.

Kuning Bening

Jika warna urine Anda berwarna kuning bening seperti terlihat pada tabel warna urine level 2, artinya kondisi cairan dalam tubuh Anda masih dalam batas wajar, Anda cukup menambah sedikit saja asupan air minum ke dalam tubuh Anda.

Kuning

Jika urine atau air kencing Anda berwarna kuning seperti terlihat pada tabel warna urine level 3, itu menandakan Anda sedang mengalami masa dehidrasi namun masih dalam tahap normal. Hal yang perlu Anda lakukan hanya menambahkan setengah liter air minum dalam 1 jam untuk mencukupi cairan dalam tubuh Anda.

Kuning Pekat

Jika air kencing Anda berwarna kuning pekat seperti pada gambar level 4, hal tersebut menunjukkan Anda sedang mengalami dehidrasi sehingga tindakan yang harus Anda lakukan ialah segera menambahkan cairan dalam tubuh Anda dengan meminum air putih minimal 1 botol air minum atau setengah liter air.

Baca juga  Ciri-Ciri Masuk Angin Pada Anak anak dan Orang Dewasa

Coklat Muda

Namun patut waspada jika air urine Anda berwarna coklat muda seperti pada gambar level 5, karena hal tersebut menandakan selain Anda sedang mengalami dehidrasi, tubuh Anda juga sangat kekurangan cairan. Untuk itu lakukan penanganan sesegera mungkin dengan asupan air minum yang cukup.

Jika air urine Anda sudah berada dalam tahap ini dan Anda memiliki kebiasaan minum minuman berkafein segera Anda hentikan. Minuman berkafein secara tidak langsung ikut mempengaruhi proses produksi air kencing.

Coklat Pekat

Jika air urine Anda berwarna coklat pekat seperti pada gambar level 6, Anda harus ekstra hati-hati karena hal tersebut menandakan bahwa Anda sedang mengalami dehidrasi parah serta menunjukan indikasi adanya gangguan kesehatan. Tindakan penting yang harus Anda lakukan ialah segera minum air putih yang banyak, dan jika tidak ada perubahan warna air urine tersebut setelah Anda minum air putih segera lakukan pengecekan kesehatan ke dokter untuk ditangani secara medis.

Demikian ulasan tentang pentingnya mengenali warna air kencing/ urine Anda, semoga bermanfaat.

Sumber: kabarkan.co.id

Baca juga:
Jika Saluran Kencing Anda Terganggu, Waspadai Pembesaran Prostat Jinak
Bagaimana Cara Ginjal Bekerja? Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kurang Cairan?