Panduan dasar jogging untuk pemula
April 10, 2021 Oleh admin 0

Panduan Dasar Jogging Untuk Pemula

Tips jogging memang berbeda untuk setiap orang. Namun di bawah ini ada beberapa tips jogging yang bisa kamu praktekkan.

Panduan dasar jogging untuk pemula

Menggunakan sepatu yang tepat. Dengan menggunakan sepatu yang tepat maka kenyamanan bisa bertambah dan cidera pun bisa dihindari. Belilah sepatu lari yang sesuai dengan ukuran kaki dan selera kamu. Buat jogging menjadi kegiatan yang menyenangkan. Jika sudah mencapai jarak tempuh 300 mil maka sepatu kamu perlu diganti.

Lakukan pemanasan sebelum jogging dan pendinginan setelah jogging

Dengan melakukan pemanasan maka jantung anda akan berdenyut meningkat secara perlahan. Pemanasan juga bisa membantu mengurangi tekanan pada jantung ketika melakukan olahraga. Misalnya mulai dengan jalan cepat lalu berlari. Untuk pendinginan anda bisa lakukan dengan mengurangi kecepatan lalu berjalan normal.

Perhatikan posisi tubuh saat jogging.

Posisi tubuh yang salah saat jogging bisa menyebabkan nyeri pada lengan, bahu, leher dan punggung. Cobalah untuk terus menjaga tangan anda selevel dengan pinggang. Posisi tubuh harus lurus dan tegak, dengan kepala berdiri, punggung lurus dan bahu sedikit diangkat.

Untuk pemula, mulailah dengan berlari pelan. Hal yang penting dalam jogging adalah mengatur pernapasan. Jika anda berlari dan bisa berbicara dengan baik, itu penanda bahwa pernapasan anda juga baik.

Lakukan jogging dengan mengkombinasikan antara berlari dan berjalan.

Ketika tenaga sedang banyak maka berlarilah, namun ketika tenaga sudah berkurang banyak mulailah berjalan untuk kembali mengumpulkan tenaga. Jika sudah terkumpul tenaga yang cukup maka mulailah kembali berlari.

Baca juga  Jangan Risau, Ini Cara Mengatasi Cacar Air Pada Anak

Menambah jarak tempuh secara perlahan lahan.

Triknya yaitu dengan meningkatkan jarak tempuh anda per minggu sebesar 10 persen saja. Jika anda sudah memiliki kemampuan dan tenaga yang cukup, coba gabungkan jogging dengan sepeda dan berenang.

Kombinasikan menarik napas dengan mulut dan hidung.

Banyak pemula hanya bernafas melalui hidung mereka, padahal harusnya mereka bernafas menggunakan hidung dan mulut untuk mendapatkan oksigen yang cukup untuk disalurkan ke otot otot saat berlari. Ambil nafas dalam dalam untuk mencegah nyeri di bagian samping atau sisi tubuh yang merupakan masalah yang sering terjadi pada pelari pemula.

Demikian informasi mengenai beberapa Tips jogging dasar. Semoga bermanfaat