jenis kutil
Mei 2, 2021 Oleh admin 0

Jenis, Pencegahan dan Pengobatan Kutil

Kutil, atau veruka, adalah pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh human popillomavirus (HPV). Penyakit kutil di tandai dengan tanda-tanda peningkatan pertumbuhan jaringan kulit lokal. Walau disebabkan karena virus HPV (virus pemicu kanker serviks), tapi sejumlah besar kutil tidak berubah menjadi kanker dan tidak beresiko.

Virus HPV ini hanya mengakibatkan timbulnya keratin, yakni protein keras di susunan epidermis (susunan atas kulit) yang tumbuh dengan cepat sekali. Tetapi ada juga kutil yang terkadang jadi ganas, diantaranya beberapa kutil yang menginveksi rahim dan tipe kulit tertentu yang jarang-jarang diketemukan.

Kutil dapat tumbuh pada beberapa orang di umur berapa pun, tapi seringkali diketemukan pada beberapa anak. Wujud dan ukuran kutil tergantung pada area tumbuhnya dalam tubuh dan virus pemicunya.

Jenis kutil

Berdasar daerah pertumbuhannya kutil di bagi jadi beberapa macam berikut :

Veruka plantaris,

yakni kutil yang biasanya tumbuh di telapak kaki. dan berbentuk mendatar. Veruka plantaris muncul karena kaki mengalami penekanan akibat berjalan dan dikelilingi oleh kulit yang tebal. Veruka plantaris condong mengalami pendarahan berupa bercak-bercak kecil bila disayat dengan pisau bedah. Ini tidak sama dengan kapalan.

Veruka filiformis,

yakni kutil yang umumnya diketemukan di kelopak mata, muka, leher, tau bibir. Veruka filiformis berupa memanjang.

Kutil datar,

yakni kutil yang biasa tumbuh pada suatu kelompok bercak-bercak halus warna kuning-kecoklatan di muka. Kutil datar kerap diketemukan pada beberapa anak dan dewasa muda.

Kutil genitalis (kondiloma akuminata)

ialah kutil lembab yang diketemukan di daerah organ vital. Virus ini disebarkan lewat hubungan seks.

Baca juga  Apakah Minyak Kelapa Baik untuk Kesehatan Kulit Anda?

Pencegahan Kutil

Berikut ialah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjangkit penyakit kutil atau mewaspadai penyebaran penyakit kutil :

  • Menghindari beberapa hal yang bisa mengakibatkan kutil menular atau menyebar ke anggota badan lainnya, seperti disebut sebelumnya.
  • Semaksimal mungkin jaga tangan supaya selalu kering. Ini karena di lingkungan yang lembab, kutil lebih susah dikontrol.
  • Membersihkan tangan dengan sabun secara benar dan teratur atau sesudah menyentuh kutil.
  • Memakai alas kaki di kamar mandi atau kamar ganti umum.
  • Jaga kebersihan kulit dengan mandi 2x sehari.
  • Bila mengalami cedera kecil atau cedera parut, selekasnya membersihkan dengan sabun dan air hangat, selanjutnya langsung dikeringkan.

Langkah pengobatan kutil

Beberapa macam penyakit kutil tidak mengakibatkan rasa ngilu. Namun, ada juga kutil yang menimbulkan rasa ngilu, gampang berdarah, mengubah penampilan, atau menyebar ke anggota badan lain.

Ada beberapa macam kutil yang bisa hilang sendiri dalam kurun waktu enam bulan sampai dua tahun tanpa memperoleh penanganan klinis khusus. Tetapi, ada pula kutil yang memiliki sifat menetap dan tumbuh kembali sesudah hilang.

Penyembuhan kutil tergantung tipe, berat ringannya, posisi, dan sudah berapakah lama kutil itu muncul. Pasien kutil seyogyanya selekasnya memeriksa diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, saat sebelum kutil menyebar dan keadaannya jadi makin parah.

Beberapa metode penanganan kutil yang umum dilakukan diantaranya membekukan dengan memakai cairan nitrogen yang dilakukan berkali-kali (bedah beku), meneteskan bahan kimia yang memiliki sifat kaustik (membakar), penyembuhan dengan arus listrik, dan bedah laser. Tetapi, ingat jika bermacam sistem penanganan kutil ini hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli.

Baca juga:
Wajib Tahu !! 10 Jenis Penyakit Kelamin Wanita dan Pria Yang Sangat Berbahaya

Baca juga  Solusi Pengobatan Katarak Pada Mata Sebelah