Juni 7, 2021 Oleh admin 0

Beberapa Cara Perawatan Kaki Diabetes Mellitus Yang Paling Tepat

Apakah Anda ataukah kerabat Anda ada yang menderita penyakit diabetes mellitus yang berdampak pada kaki dan ingin mengetahui perawatan kaki diabetes mellitus?

Diabetes millitus adalah salah satu penyakit berbahaya yang biasanya menyerang manusia. Penyakit diabetes mellitus ini biasanya karena terdapat kandungan gula yang berlebihan dalam tubuh. Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes mellitus. Beberapa penyebab diantaranya adalah banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, karena faktor keturunan, pola makan yang tidak dijaga, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Diabetes mellitus ini terkadang jika penderitanya mengalami luka akan susah untuk sembuh. Luka penderita diabetes mellitus ini bisa juga menyerang kaki. Perlu adanya perawatan kaki diabetes mellitus untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan bagi penderitanya.

Beberapa Cara Perawatan Kaki Diabetes Mellitus:

Cara Perawatan Kaki Diabetes
Foto: radar Banten

Memeriksa kaki secara rutin,

Salah satu cara perawatan kaki diabetes mellitus yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kaki secara rutin. Pemeriksaan kaki ini dilakukan secara berkala sebagai perawatan kaki diabetes mellitus. Anda bisa memeriksa kaki bagi penderita diabetes mellitus setiap hari secara teratur. Usahakan memeriksa kaki di tempat yang terang agar terlihat jelas bagaimana kondisi kaki yang sebenarnya.

Periksalah kaki mulai dari telapak kaki, jari kaki, dan juga di sela-sela jari kaki Anda. Perawatan kaki diabetes mellitus ini untuk mengetahui apakah kaki terdapat luka ataukah tidak, kulit kaki kemerahan ataupun penebalan kulit pada kaki. Perawatan kaki diabetes mellitus ini dapat mencegah luka yang parah bagi penderita diabetes mellitus. Karena jika terkena luka akan sulit untuk kering. Untuk itu, Anda bisa membersihkan kaki Anda dengan air hangat dan juga sabun agar bakteri dan kuman akan hilang. Setelah itu Anda bisa mengeringkannya dengan handuk yang bersih.

Baca juga  Mengatasi keracunan yang diakibatkan kerang, ikan atau binatang laut lainnya

Merawat kuku setiap hari dan merawat kulit kaki,

Cara Perawatan Kaki Diabetes selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam perawatan kaki diabetes mellitus adalah merawat kuku setiap hari dan juga sekaligus merawat kulit kaki. Anda perlu memperhatikan pada saat pemotongan kuku. Jika kuku Anda kotor dan keras, Anda bisa merendamnya dengan air sabun hangat. Anda bisa melakukan perendaman kaki ini sebagai perawatan kaki diabetes mellitus selama 5 menit. Kotoran pada kuku akan mudah untuk dibersihkan dan kuku juga tidak terlalu keras. Sehingga Anda mudah untuk melakukan pemotongan kuku.

Jika Anda kesulitan, Anda bisa meminta bantuan pada orang lain untuk membantu Anda dalam memotong kuku. Proses ini dapat Anda lakukan secara hati-hati agar tidak terluka karena memotong kuku yang tidak benar. Selanjutnya Anda bisa mengikuti bentuk kuku dalam proses pemotongannya. Jika Anda bentuk kuku yang mengalami kelainan atau luka, Anda bisa berkunjung ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Anda juga bisa menggunakan lotion untuk kulit kering, namun jangan digunakan pada kulit yang terluka. Jangan menggunakan bahan powder juga untuk menghindari iritasi pada kulit kaki.

Memakai sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki

Cara Perawatan Kaki Diabetes berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memakai sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki. Sepatu ini sebagai alas kaki yang melindungi kaki agar tidak terluka. Anda bisa menggambar bentuk kaki terlebih dahulu dengan sebuah kertas sebelum membeli sepatu sebagai alas kaki. Pilihlah sepatu yang permukaannya lunak agar kaki tidak merasakan sakit.

Selain itu juga bagian tumit pada bagian sepatu harus kuat dan kokoh agar kondisi kaki stabil. Anda juga perlu memperhatikan bentuk bagian permukaan sepatu yang harus sama dan sesuai dengan bentuk telapak kaki pada normalnya ukuran kaki, seperti bentuk kelengkungan kaki. Bentuk kelengkungan ini akan membuat kondisi kaki terutama telapak kaki akan tertahan dengan baik jika menggunakan sepatu.

Baca juga  Boleh Nggak Sih Minum Kopi Ketika Hamil?

Perlu Anda perhatikan pula, bagian alas kaki ini juga perlu bahan pelapis yang empuk dan nyaman agar kaki tidak lecet ataupun luka. Karena jika kaki terluka, maka kaki akan sulit untuk sembuh pada penderita diabetes mellitus. Jika Anda baru saja membeli sepatu baru, Anda bisa mengecek apakah kondisi kaki Anda mengalami kemerahan ataupun luka atau tidak pada bagian kaki. Jika Anda senang menggunakan kaos kaki, Anda bisa memilih bahan kaos kaki yang berbahan katun dan menyerap keringat agar kaki tidak terasa lembab. Kemudian kaos kaki ini usahakan tebalnya sesuai dengan ukuran kelonggaran sepatu, agar tidak sempit pada saat pemakaiannya.

Perawatan kaki diabetes mellitus dalam pemilihan sepatu ini sangat penting untuk menghindari luka akibat pemakaian sepatu yang tidak diperhatikan secara serius.

Melakukan olahraga kaki,

Cara Perawatan Kaki Diabetes berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam proses perawatan kaki diabetes mellitus adalah melakukan olahraga kaki. Olahraga kaki ini bisa dilakukan setiap saat dengan olahraga yang tidak terlalu berat. Olahraga kaki ini haruslah dengan baik dan benar jika hasil perawatannya akan maksimal. Olahraga kaki ini bertujuan agar melancarkan sistem peredaran darah khususnya pada bagian kaki.

Dengan lancarnya sistem peredaran darah ini, bisa melancarkan nutrisi yang ada di jaringan lebih lancar. Selain itu juga menguatkan otot betis dan juga telapak kaki agar ketika berjalan tetap stabil dan tidak terganggu. Selanjutnya dapat menambah kelancaran sendi agar tidak terlalu kaku pada saat digerakkan, dan juga memelihara fungsi saraf pada jaringan kaki.

Latihan olahraga kaki ini sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya koordinasi gerak tubuh tetap terjaga, meningkatkan ketahanan maupun kesehatan jantung dan paru-paru sehingga meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, dan juga meningkatkan kemampuan dan motivasi tubuh. Perawatan kaki diabetes mellitus ini harus diperhatikan dengan benar diantaranya Anda bisa melakukan olahraga kaki secara rutin dan teratur.

Baca juga  Inilah Tanda-Tanda Kehamilan Bermasalah Yang Sebaiknya Anda ketahui

Sampai dengan saat ini Anda sudah banyak mengetahui tentang perawatan kaki diabetes mellitus. Karena penyakit diabetes mellitus yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, Anda harus memperhatikan dengan benar-benar cermat agar tidak menimbulkan luka pada bagian tubuh, karena luka ini sangat sulit untuk kering dan sembuh