perawatan luka diabetes
Juni 7, 2021 Oleh admin 0

Perawatan Luka Diabetes Lebih Baik Dilakukan di Rumah

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula atau glukosa pada darah dikarenakan kekurangan insulin yang baik. Istilah kencing manis bermula karena gejala penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan banyaknya air seni yang keluar dan manis karena mengandung banyak gula. Diabetes mellitus sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu diabetes yang berarti pancuran dan mellitus yang berarti gula atau madu.

Perawatan luka diabetes

Penyakit diabetes berkaitan dengan mekanisme pengaturan gula dalam tubuh dan biasanya juga digunakan untuk perawatan luka diabetes. Normalnya kadar gula yang ada dalam tubuh berkisar 70-110 mg/dL yang dipengaruhi kinerja hormon yang dihasilkan oleh pankreas yaitu hormon insulin. Penyerapan makanan yang masuk ke dalam usus seperti karbohidrat akan diserap dan kadar gula menjadi meningkat. Peningkatan kadar gula tersebut mempengaruhi banyaknya hormon insulin yang diproduksi dalam pankreas.

Hormon insulin berfungsi agar gula di dalam darah bisa masuk ke berbagai sel tubuh khususnya sel otot yang akan digunakan sebagai bahan energi. Sel otot menggunakan energi hanya sebagian, sebagian disimpan untuk glikogen, dan sisanya diubah menjadi lemak atau protein.

perawatan luka diabetes

Dalam melakukan perawatan luka diabetes sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis diabetes supaya tepat dalam penanganannya. Diabetes mellitus mempunyai 2 jenis yaitu :

Diabetes tipe 1

Diabetes Tipe 1 disebabkan karena kurangnya hormon insulin (yang dihasilkan kelenjar pankreas) dalam proses penyerapan makanan dalam tubuh. Kurangnya hormon insulin ini menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik. Gula di dalam darah ini berasal dari makanan yang masuk dan diolah oleh hati. Sebagian gula yang dihasilkan untuk tenaga dan sisanya untuk disimpan. Hormon insulin berperan supaya kadar gula dalam darah tetap stabil.

Baca juga  Makanan Yang Memicu Alergi pada Anak

Hormon insulin bekerja dengan cara menurunkan kadar gula yang berlebih yaitu dengan meningkatkan jumlah gula dalam hati yang disimpan, mencegah hati mengeluarkan banyak gula, merangsang sel tubuh agar menyerap gula. Jadi jika produksi hormon insulin dalam tubuh terjadi gangguan akan mengakibatkan potensi diabetes meningkat. Selain itu kurangnya penyerapan hormon insulin pada sel-sel tubuh juga mempengaruhi terjadinya diabetes. Dalam perawatan luka diabetes jumlah hormon insulin dalam tubuh harus mencukupi.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi karena ada gangguan banyaknya sel-sel darah dalam menerima hormon insulin atau sering disebut resistensi insulin. Penyebab terjadinya resistensi insulin bisa dikarenakan obesitas, kurang gerak badan, keturunan, tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Perawatan luka diabetes bisa dilakukan pada awal gejala, jika tidak akan terjadi komplikasi yang bisa berakibat fatal.

Dalam perawatan luka diabetes anda juga harus tahu sebenarnya apa penyebab dari penyakit diabetes itu sendiri. Penyebab dari penyakit diabetes berasal dari pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup sehari-hari sangat berpengaruh dalam kesehatan diri anda karena bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit yang bisa dibilang bukan penyakit biasa. Salah satunya yaitu diabetes.

Pola hidup yang salah yang bisa memicu diabetes yaitu seperti :

  • Jarang berolahraga,
  • Terlalu lama di depan komputer dengan posisi monoton.
  • Lebih menyukai naik lift daripada naik tangga
  • Menghabiskan waktu menonton TV
  • Banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana (Karbohidrat terdiri dari dua jenis yaitu karbohidrat komplek dan sederhana. karbohidrat sederhana seperti roti, nasi, dan bahan makanan yang mengandung banyak mengandung glukosa, fruktosa, galaktosa, sukrosa, laktosa)
  • Merokok
  • Kurang tidur
  • Stress

Di Asia rentan terkena penyakit diabetes karena makanan pokoknya berupa nasi dengan porsi yang banyak, di mana nasi mengandung glikemik tinggi dan rendah serat. Karbohidrat yang bagus untuk tubuh yaitu karbohidrat komplek seperti gandum, biji-bijian, buah, sayuran, dan polong-polongan. Karbohidrat komplek sangat baik dikonsumsi letika dalam fase perawatan luka diabetes

Baca juga  Apakah terapi buta warna bisa menyembuhkan?

Faktor keturunan juga sering disebut sebagai penyebab penyakit diabetes. Jika ada salah satu anggota keluarga yang mempunyai penyakit diabetes maka harus lebih waspada dalam menjaga pola hidup sehat. Faktor genetik sangat berpengaruh besar dalam terjangkitnya penyakit ini meskipun ada pengaruh yang lebih signifikan karena mekanisme penurunannya sendiri belum diketahui secara pasti. Sebenarnya faktor yang lebih signifikan adalah pola hidup seperti obesitas, pola makan tidak sehat, dan jarang olahraga.

Penderita penyakit diabetes apabila mengalami luka pada bagian tubuhnya biasanya sukar sembuhnya. Ini dikarenakan penderita diabetes mellitus mengalami gangguan peredaran darah, persyarafan, dan infeksi. Pada penderita diabetes kekebalan tubuh menurun sehingga menyebabkan penyembuhan infeksi menjadi sulit. Infeksi yang tidak terkendali dapat melebar kemana-mana bahkan bisa mengenai otot dan tulang.

Jika tulang sudah terinfeksi maka harus diberi antibiotik yang bisa tembus sampai ke tulang. Dalam perawatan luka diabetes, jika luka terlalu lebar maka harus dilakukan operasi plastik dan kulit yang terbuka lebar bisa diambilkan kulit dari bagian tubuh lainnya untuk menutupi luka yang terbuka.

Bagi penderita diabetes, kaki mempunyai perhatian khusus dalam pemeliharaannya dan harus dirawat dengan baik. Karena bagian kaki lebih rentan terkena luka seperti faktor sepatu, kuku, terjatuh dan lain-lain. Luka penderita bisa dicegah apabila bisa memahami bagaimana menjaga kesehatan kaki dengan baik dan benar.

Senyawa yang berbahaya seperti kadar gula yang berlebih di dalam tubuh sangat berpengaruh dalam penyakit diabetes. Dalam perawatan luka diabetes maka sangat disarankan untuk menjaga pola hidup yang sehat