Juni 8, 2021 Oleh admin 0

Standar Operasional Prosedur Perawatan Luka Diabetes Melitus

Bagi setiap penderita diabetes, mengetahui prosedur perawatan luka diabetes melitus tentu menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Perawatan luka diabetes mellitus tidaklah sama dengan perawatan luka biasa sehingga penting bagi setiap penderita diabetes untuk mengetahui prosedurnya. Prosedur perawatan luka pada penderita penyakit diabetes mellitus sendiri tentu mencakup berbagai prosedur berbeda dan selain itu, prosedur tersebut tentu juga meliputi penggunaan produk kesehatan yang bisa mengatasi permasalahan luka diabetes melitus. Jika Anda adalah penderita penyakit diabetes mellitus dan Anda mengalami luka yang harus dirawat, berikut adalah prosedur perawatan luka diabetes melitus yang wajib Anda ketahui.

Berbagai Prosedur Perawatan Luka Diabetes Melitus

prosedur perawatan luka diabetes

Jika Anda menderita penyakit diabetes mellitus dan Anda mengalami luka yang perlu mendapatkan perawatan, prosedur perawatan luka diabetes melitus pertama yang wajib Anda ketahui yaitu:

Mengeringkan luka Anda dengan menggunakan kassa steril.

Anda harus selalu memastikan untuk menggunakan kasa steril saat Anda mengeringkan luka Anda karena kassa steril terbukti aman untuk digunakan dalam mengeringkan luka.

Mencuci luka dengan air hangat

Selain memastikan untuk selalu mengeringkan luka, Anda juga harus selalu mencuci luka Anda namun saat Anda mencuci luka Anda, pastikan Anda tidak menggunakan cairan yang toksik atau beracun untuk luka seperti H2O2, misalnya. Akan lebih baik jika Anda mencuci luka Anda dengan menggunakan air hangat dan pastikan selalu untuk mengeringkan luka Anda setelah Anda mencucinya.

Membalut luka

Sementara itu, prosedur perawatan luka diabetes melitus lain yang harus Anda ketahui jika Anda adalah penderita diabetes mellitus yaitu pentingnya membalut luka dengan menggunakan balutan luka yang warnanya sesuai dengan warna dasar luka Anda.

Baca juga  Perlengkapan Menjelang Persalinan Yang Sebaiknya Disiapkan

Dalam melakukan perawatan terhadap luka diabetes mellitus yang Anda alami, pastikan juga Anda senantiasa memperhatikan detail luka Anda seperti warna luka, ukuran luka, bau luka tersebut, serta jumlah cairan pada luka yang Anda alami tersebut. tujuan dari prosedur perawatan luka diabetes melitus tersebut sendiri adalah untuk mengetahui perkembangan luka Anda. Selain memastikan untuk selalu memperhatikan detail luka, Anda juga harus membawa luka Anda ke dokter jika luka Anda berwarna hitam atau kuning. Alasannya yaitu karena luka yang warna dasarnya hitam atau kuning merupakan jaringan mati sehingga luka tersebut harus diangkat dan untuk mengangkat luka tersebut, diperlukan bantuan dokter atau perawat.

Mencuci tangan sebelum melakukan perawatan luka

Satu prosedur perawatan luka diabetes melitus lain yang harus senantiasa Anda perhatikan jika Anda adalah penderita penyakit diabetes mellitus yaitu pentingnya selalu mencuci tangan sebelum melakukan perawatan pada luka. Tujuannya yaitu untuk menghindari resiko luka mengalami infeksi karena Anda menyentuhnya dengan tangan yang kurang bersih.

Menutup luka dengan plester hypoalergi

Selain memastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum melakukan perawatan terhadap luka Anda, Anda juga harus menutup luka Anda dengan plester. Dalam melakukan prosedur perawatan luka diabetes melitus dengan menutup luka menggunakan plester, pastikan Anda menggunakan plester yang hypoalergi atau plester yang semua bagiannya adalah kassa dan bukan hanya bagian sebelah pinggirnya saja yang berbahan kassa. Tujuan dari penggunaan plester tersebut yaitu untuk memastikan bahwa balutan luka Anda bisa bertahan lama serta menghindari resiko balutan menjadi kotor.

Pentingnya mengetahui berbagai prosedur perawatan luka diabetes melitus sendiri yaitu supaya penderita diabetes mellitus bisa melakukan perawatan yang tepat untuk luka yang mereka alami karena perawatan yang kurang tepat justru bisa memperparah luka.

Baca juga  Headband Optivisor Magnifier - Donegan USA