Durian Non Kolestrol, Memangnya ada?

Durian Non Kolestrol, Memangnya ada?

Selama ini hanya minyak goreng yang dipromosikan bebas kolestrol, lalu bagaimana dengan durian? Adakah durian yang tidak mengandung kolestrol? Jawabannya, Ada.

Monthong Salju

Durian ini memiliki bentuk yang sama dengan durian lainnya, hanya saja warna kulitnya lebih gelap. Yang membedakan adalah tidak tercium bau durian dan tidak mengandung alkohol. Rasanya hanya manis saja.

Lalu apa enaknya durian ini? Bagi yang tidak suka aroma durian, jenis monthong salju ini dapat dijadikan alternatif. Begitu juga untuk yang memiliki masalah dengan kolestrol serta darah tinggi, durian ini bisa dijadikan pengobat keinginan untuk makan durian. Meskipun demikian, makan durian secukupnya saja, jangan berlebihan.

Monthong 

Durian ini berasal dari Thailand, tingkat produksi buahnya cukup banyak, dan mampu beradaptasi di berbagai tempat. Kekurangan durian monthong adalah tanaman ini tidak memiliki ketahanan terhadap penyakit Phytophthora.sp

Bentuk buah durian monthong bervariasi, dari bulat panjang sampai hampir persegi. Durinya

besar dan tersusun jarang. Bobot buahnya mampu mencapai 6 kilogram. Durian Monthong memiliki kulit tebal dengan warna hijau. Juringnya ada lima buah. Warna daging buah monthong ada yang kuning emas, ada pula yang berwarna krem. Dagingnya sangat tebal dengan rasa manis legit dan aroma harum sedang.  Walau yang paling terkenal dari Thailand adalah durian monthong, ternyata monthong hanya satu dari sekian banyak jenis durian asal Thailand.

Durian Kan Yao

Di atas monthong masih ada jenis lain yang lebih berkualitas seperti durian kan yao. Ketebalan daging buahnya sedang, bentuk utuhnya bulat, saat matang kelembekan dagingnya sedang sampai lembek. Warna daging jenis ini kuning tua, tekstur lembut, rasa manis, dan harumnya sedang.

Baca juga  Benarkah Micin Bikin Bodoh dan Berbahaya Bagi Tubuh?

Durian asal Thailand ini berbentuk bulat dengan warna kulit hijau, berduri besar agak jarang. Bobot buahnya 2-5 kg dagingnya tebal, berwarna kuning sampai krem, berasa manis. bertekstur agak lembek, dan beraroma harum.

Durian kan yao dikatakan sebagai rajanya durian. Banyak disukai karena rasanya dianggap paling pas. Tapi jika ingin merasakan buah dengan daging yang sangat tebal, monthong tetaplah menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Durian Chanee

Durian ini berasal dari Thailand. Mampu berbuah pada umur 4-5 tahun dengan menggunakan bibit sambung pucuk atau okulasi. Produksinya banyak Mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan, tetapi tidak tahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh phytophthora sp. Buahnya berbentuk bulat

panjang dengan duri besar yang tersusun jarang. Beratnya mencapai 4 kg dengan warna kulit hijau. Dagingnya tebal dengan warna kuning keemasan. Rasanya manis, bertekstur lembut, dan beraroma harum sedang.

Durian Kani

Durian-yang bernama asli chanee-ini merupakan introduksi dari Thailand dan telah ditetapkan sebagai salah satu vaerietas unggul. Bentuk buahnya bulat dengan kulit kuning kecokelatan.

Durinya berbentuk kerucut, tajam, dan tersusun agak rapat. Kulit buahnya tipis, antara 3-5 mm, dan agak sukar dibelah. Daging buahnya cukup tebal, kering, berlemak, dan berwarna kuning. Rasanya tidak terlalu manis dan tekstur buahnya tidak terlalu lembut. Aromanya sedang. Jumlah pongge per buah antara 5-18 dengan biji sempurna 5-12. Bijinya kecil, lonjong. Ukuran buahnya termasuk besar, berat rata-rata 2-4 kg per buah. Durian ini bersifat genjah. Produktivitasnya sekitar 20-50  buah/pohon/ tahun. Durian kani agak peka penyakit busuk akar dan hama pengerek buah.

Durian Otong

Durian jenis ini merupakan varietas introduksi dari Thailand, dan merupakan varietas unggul nasional. Durian ini memiliki bentuk bulat panjang dengan kedua ujungnya agak meruncing. Durian ini memiliki warna hijau kekuningan dan memiliki duri-duri kecil berbentuk kerucut serta tersusun agak rapat. Durian Otong memiliki warna buah kuning menarik seperti kunyit, tebal, kering dan kurang berlemak.  Keistimewaan durian ini yaitu memiliki daging buah yang sangat manis dan teksturnya sangat halus. Memiliki aroma sedang dan tidak begitu tajam.

Baca juga  Cara Jitu Mengatasi Keputihan yang Mengganggu

Baca juga:
Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?
Jaringan RS Awal Bros Ganti Nama Menjadi Primaya Hospital
Isi Ulang Oksigen di Tanjungbalai, Sewa tabung oksigen di Tanjungbalai

Artikel ini berguna untuk Anda? Silahkan berikan rating
[Total: Average: ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *