cacingan pada anak
Juni 22, 2021 Oleh admin 0

Cacingan pada anak, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegahnya

Cacingan pada anak sebaiknya jangan dibiarkan atau diremehkan begitu saja karena bisa berpotensi menghambat pertumbuhan badannya. Untuk itu cacingan pada anak ini harus segera diatasi. Cacingan bukan merupakan penyakit baru, tetapi karena penyakit ini tidak terlalu berbahaya, banyak masyarakat kita yang menganggapnya sepele. Anak-anak biasanya lebih mudah terinfeksi cacing bila dibandingkan dengan orang dewasa.

Mengapa Cacingan pada anak harus menjadi catatan penting? karena anak-anak kurang bisa menjaga kebersihan diri misalnya tidak mencuci tangan sebelum makan, tidak bisa membedakan makanan yang layak untuk dikomsumsi dan tidak bisa merawat kebersihan kukunya.

Bagaimana Cacingan pada anak ini bisa masuk ke dalam tubuh ?

Cacingan pada anak
  • Telur cacing masuk melalui mulut : bersama dengan makanan yang tidak dicuci dengan bersih, atau tidak dimasak sampai matang.
  • Telur cacing masuk melalui pori-pori kulit : ketika berjalan-jalan tanpa menggunakan alas kaki di tempat di mana banyak terdapat cacing yang hidup di tempat yang kotor.

Akibatnya cacing yang masuk ke tubuh ini akan berkembang biak kemudian menyerap sari-sari makanan yang ada di dalam usus ataupun darah, sehingga sel-sel tubuh kita sendiri kekurangan sari makanan yang dibutuhkan untuk regenerasi sel dan pertumbuhan. Oleh karena itu mucul anggapan bahwa anak yang banyak makan tapi tetap kurus bisa jadi menderita cacingan.

Tanda-tanda Cacingan pada anak : perut buncit, rasa gatal di anus sehingga anak sering menggaruk, dan pertumbuhan fisik agak terganggu. Namun bisa juga cacingan terjadi tanpa menunjukan adanya gejala.

Cara mengobati Cacingan pada anak :

  • Membiasakan anak anda selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan
  • Menjaga dan mengusahakan kuku-kuku jari tangan anak tetap bersih.
  • Membiasakan diri untuk mencuci kaki sebersih-bersihnya dengan sabun sewaktu mandi, setelah anak bermain di tempat yang becek dan kotor.
  • Mengusahakan anak anda jangan langsung tidur dengan kaki yang kotor karena becek. Telor cacing akan pindah ke seprai dan kemudian masuk melalui hidung sewaktu bernapas.
  • Waspada terhadap makan makanan dengan sayuran mentah. Usahakan dicuci bersih dengan PK [permanganas kalicus] sabun cair.
  • Cara mengobati Cacingan pada anak dengan secara teratur tiga bulan sekali dengan memberikan obat cacing pada anak anda – apalagi kalau ada keluhan rasa gatal-gatal di lubang duburnya.
Baca juga  Undur-Undur, Obat Alternatif Diabetes

Cara mengobati cacingan pada anak yang baik adalah dengan mengantisipasinya, bukan mengobatinya. Dengan membiasakan dirinya untuk hidup secara bersih dan hygienis, ini dapat menjadi cara yang tepat untuk penanganan cacingan

Anda berminat untuk membuka usaha isi ulang oksigen? Hubungi WA 082112344488 untuk informasi lebih detail